Ditanam di Pekarangan Masjid Sibolga-Tapteng

oleh
Walikota Sibolga Syarfi Hutuaruk saat menanam bibit pohon kurma di pekarangan Masjid Al-Jihad Sibolga Sambas, Rabu (10/10). (batakpost.com/HAT)

Sibolga, 10/10 (Batakpost.com)- Delmeria Sikumbang anggota DPRD Sumut memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah ibadah dengan menanam tumbuhan yang bermanfaat. Adapun tumbuhan yang diberikan keluarga Delmeria Syarfi Hutauruk ini adalah bibit kurma yang ditanam di pekarangan Masjid yang ada di Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

“Ini adalah jenis kurma super perpaduan antara kurma Timur Tengah dengan Eropa yang sudah sudah berusia 2 tahun. Kelebihan pohon ini memiliki 3-4 tandan dengan biji yang cukup besar. Diperkirakan satu tandan ketika panen beratnya mencapai 200-240kg. Dengan demikian setiap panen bisa menghasilkan 600 kg sampai dengan 1 ton,”kata Walikota Sibolga Syarfi Hutuaruk yang juga suami dari Delmeria Sikumbang disaat menanam pohon kurma di Masjid Agung Sibolga dan Masjid Al-Jihad Sibolga Sambas, Rabu.

Jenis kurma ini menurut Syarfi sudah berhasil ditanam di beberapa daerah seperti di Aceh, Riau Dan diusia 5 tahun sudah bisa dipanen. Untuk itulah keluarganya menyumbangkan dan menanam pohon kurma tersebut di Masjid-masjid yang memiliki pekarangan di Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Disebutkan Syarfi, jika proses tumbuhnya pohon kurma itu bagus, maka sudah dapat dipastikan akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di Sibolga dan Tapteng. Karena pangsa pasar kurma di Sibolga-Tapteng cukup menjanjikan.

“Mudah-mudahan ini menjadi kenangan yang bermanfaat dari keluarga kami kepada masyarakat. Dan ketika pohon kurma ini menghasilkan maka masyarakat bisa mengenang akan pelayanan kami sebagai Walikota Sibolga dan juga sebagai Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara,”ujarnya.

Adapun jumlah pohon kurma yang ditanam lebih kurang 40 pohon. Hal itu disesuaikan dengan luas pekarangan yang dimiliki masjid. Karena ada juga masjid yang tidak memiliki pekarangan sehingga tidak bisa ditanam di sana.

Untuk mengawasi serta memantau perkembangan pohon kurma yang sudah ditanam itu, Walikota Sibolga melibatkan LHKP. Dengan demikian perkembangan dan sistim pemeliharaan pohon kurma ini terpantau setiap saat. Selain itu juga Syarfi mengajak masyarakat untuk turut menjaga dan merawatnya.

Bibit kurma sumbangan dari keluarga Delmeria Syarfi Hutauruk ini direspon positif oleh masyarakat. (HAT)