PSM IAKN Tarutung Lolos ke Grand Final Festival Folkrore Nusantara 2018 di Jakarta

oleh
PSM IAKN Tarutung (Ist)

Tarutung, 16/9 (Batakpost.com)- Paduan Suara Mahasiswa Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung, Tapanuli Utara, lolos ke Grand Final Festival Folkrore Nusantara 2018.  Lolosnya Paduan Suara Binaan Amudi Lumbantobing dan Natal Lumbantobing ini menjadi satu-satunya perwakilan perguruan tinggi dari Provinsi Sumatera Utara yang akan bertarung dengan 11 Paduan Suara se Indonesia yang berlangsung tanggal 27 Oktober 2018 di Jakarta.

Adapun penyelenggara kegiatan ini adalah Perhimpunan Organisasi Alumni PTN Indonesia (Himpuni). Sedangkan tujuan ajang ini adalah, Memperkuat Persatuan dan semangat Kebangsaan melalui lagu, Membangun kesadaran semua anak bangsa terutama mahasiswa, dan alumni tentang makna Sumpah Pemuda. Menumbuhkan seni suara, dan budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika serta Memperkuat Sinergi Antar Perguruan Tinggi se-Indoneisa

Sedangkan yang menjadi inti dari Festival Folklor Nusantara ini adalah untuk menjadi ajang bagi generasi milenial untuk mengekspresikan rasa cinta tanah air, dan memelihara semangat kebangsaan melalui seni dan budaya.

Ada pun rangkaian kegiatannya terdiri dari Kompetisi Paduan Suara Mahasiswa antar Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Indonesia.

Pengumuman Finalis Grand Final Festival Folklor Nusantara. (Int/ist)

Pembida dan pelatih PSM IAKN Tarutung Amudi Lumbantobing dan Natal Lumbantobing sangat bersyukur atas lolosnya PSM IAKN Tarutung ke babak Grand Final. Menurut mereka, itu sebagai bukti bahwa keberadaan IAKN Tarutung dan Paduan Suaranya sudah diperhitungkan ditingkat Nasional dan Internasional.

“Berbagai prestasi yang sudah kita raih mulai dari tingkat daerah, provinsi dan tingkat Nasional dan Internasional. Kami mengucapkan terimakasih kepada keluarga besar IAKN Tarutung yang terus memberikan dukungan dan semangat demi kesuksesan PSM ini. Dan kami juga mengharapkan dukungan dari Kampus dan juga Pemda setempat untuk kesuksesan menuju Grand Final Festival Folklor Nusantara ini. Kami sadar bahwa 12 peserta yang akan bertanding di grand final ini adalah, paduan suara yang tangguh yang sudah memiliki pengalaman tingkat Internasional. Dan walaupun kami berasal dari Perguruan Tinggi di tingkat Kabupaten, kami siap untuk bertarung memberikan yang terbaik bagi IAKN Tarutung dan Kabupaten Tapanuli Utara dan Provinsi Sumatera Utara. Mohon doa dan dukungan moral serta moril,”ucapnya.

Adapun ke 12 Paduan Suara Perguruan Tinggi se Indonesia yang lolos ke Grand Final Festival Folklor Nusantara adaldah: Paduan Suara Mahasiswa Universitas Gadjah Mada, PSM Cantus Firmus Universitas Sanata Dharma, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Hasanuddin Makassar, PSMITS Institut Teknologi Sepuluh November, Diponegoro University Choir Universitas Diponegoro, Telkom University Choir, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta UniversitasAtma Jaya Yogyakarta, IPB JuniorVoice Institut Pertanian Bogor, PSM Paragita Universitas Indonesia, Paduan Suara Universitas Tarumanagara Universitas Tarumanagara 11 Swara Satata Çakti Universitas NegeriMalang, dan Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Institut Agama Kristen Negeri Tarutung Institut Agama Kristen NegeriTarutung (RED)