232 Calon Kades Dapat Pembekalan Dari Bupati Tapteng

oleh
Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani saat tatap muka dengan 232 calon Kades se Tapteng. (batakpost.com/RED)

Tapteng, 13/8 (Batakpost.com)-Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani memberikan pembekalan kepada para calon kepala desa yang akan bertarung di desa mereka masing-masing. Pembekalan sekaligus acara tatap muka ini dilangsungkan di Aula Kantor Bupati Tapteng di Pandan yang dilanjutkan dengan tes urine narkoba kepada para calon kades, Senin siang, (13/8).

Menurut Bupati, bahwa Kepala Desa adalah ujung tombak pelayanan Pemerintah Kabupaten di desa. Sebagai perpanjangan tangan pemerintah daerah, dibutuhkan Kades yang benar-benar bisa menjadi panutan dan contoh bagi masyarakat, secara khusus tidak terlibat dengan narkoba yang saat ini kondisinya semakin mencemaskan.

“Jadi yang berhak mengikuti tahapan pencalonan kepala desa ini adalah mereka yang dinyatakan lolos bebas narkoba, lolos berkas administrasi, lolos penelitian khusus (Litsus) dan lolos tes kesehatan. Untuk itu semua calon Kades harus bisa mengikuti segala tahapan seleksi yang diselenggarakan oleh panitia,”pesan Bupati.

Bupati juga mencontohkan jika seorang Kepala Desa memberikan pencerahan agar jangan mengkonsumsi narkoba, sementara dirinya sendiri adalah pemakai atau pengguna narkoba.

“Hal itulah yang membuat panitia harus tegas dalam penyeleksian terhadap para calon Kades ini. Dan perlu diingat, pun kalau anda nanti lolos tes urine tetap akan dilakukan pengecekan secara keseluruhan oleh BNN atau kepolisian. Hal itu wajib dilakukan kepada Kades yang terpilih. Untuk itu ikutilah semua aturan dan persyaratan yang sudah ditentukan panitia,”tandas Bakhtiar.

Turut hadir dalam acara tatap muka ini Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, Asisten I Pemerintahan Antonius Simanjuntak, Kadis Kesehatan Tapteng, Kabag Pemdes Tapteng,  Kabag Humas dan petugas medis. (RED)