oleh

Dinas Pendidikan Gelar Lomba Pagelaran Budaya

Pandan, 8/8 (Batakpost.com)- Untuk menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 73 di Kabupaten Tapanuli Tengah, Dinas Pendidikan Tapanuli Tengah menggelar kegiatan lomba bertajuk kebudayaan yang dipusatkan di Aula Kantor Bupati Tapteng, di Pandan Rabu, (8/8).

Adapun kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari lomba kreativitas tari tingkat SD-se Kabupaten Tapanuli Tengah, lomba kuliner (Masakan khas daerah Kabupaten Tapanuli Tengah) tingkat SMP se-Kabupaten Tapanuli Tengah, dan lomba fashion show kreasi pakaian adat tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Tapanuli Tengah.

Kadis Pendidikan Tapanuli Tengah, Sehat Munte mengatakan, bahwa kegiatan itu untuk pertama kali diselenggarakan tepatnya dimasa kepemimpinannya sebagai Kepala Dinas Pendidikan. Menurutnya kegiatan seperti tersebut sangat bermanfaat bagi anak didik untuk mengenal lebih dekat lagi budaya dan masakan daerahnya.

Perpaduan tari dengan permainan anak persembahan dari anak SD dalam acara perlombaan budaya yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Tapteng di Aula Kantor Bupati di Pandan, Rabu, (8/8). (batakpost.com/HAT)

“Kita bersyukur semua sekolah ambil bagian dan semangat mengikuti kegiatan ini. Dengan demikian rasa percaya mereka untuk tampil di depan umum semakin maksimal karena sudah terlatih sebelumnya melalui kegiatan-kegiatan seperti ini. Selain itu juga, kemampuan anak didik itu berbeda-beda, ada yang ahli dibidang akademik dan ada juga yang senang dibidang seni dan budaya. Itulah yang menjadi tujuan kegiatan ini untuk melihat serta memberikan ruang kepada anak didik kita melalui bakat yang mereka miliki,”sebut Sehat.

Ditambahkannya, bahwa para peserta kegiatan ini nantinya akan diberdayakan dalam kegiatan hari jadi kabupaten Tapanuli Tengah khususnya bagi yang juara.

Hasil amatan di lapangan menyebutkan, para peserta begitu semangat mengikuti tahapan kegiatan. Khususnya para siswa SD tampak lincah mebawakan tarian daerah yang sudah dilatih. Tidak ketinggalan para guru pendamping dan juga tim juri tampak riang melihat penampilan para peserta.

Sementara itu para guru pendamping mengaku senang dengan kegiatan yang digelar Dinas Pendidikan Tapteng. Diharapkan kegiatan serupa terus berkesinambungan sehingga menjadi agenda tahunan di Dinas Pendidikan untuk menggali bakat-bakat para anak didik. (HAT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed