Basarnas pastikan Foto Ini Adalah Hoaks

oleh
Gambar Hoaks yang beredar luas di masyarakat. (Ist)

Simalungun 26/6 (Batakpost.com)- Beberapa hari ini masyarakat dihebohkan dengan beredarnya foto yang menyebutkan posisi KM Sinar Bangun berada di dasar danau toba. Dalam gambar yang sudah beredar luas itu diperlihatkan posisi satu unit kapal seperti berada di dasar laut.

Penyebaran foto ini begitu cepat baik melalui facebook, Instagram, twitter, dan WA. Berbagai ucapan disisipkan sewaktu mengiriman foto tersebut. “Posisi kapal KM Sinar Bangun sudah ditemukan seperti ini posisinya di dasar danau” isi pesan yang ramai beredar.

Koordinator Basarnas wilayah Toba, Torang Hutahean yang dikonfirmasi batakpost.com, Selasa, (26/6) memastikan bahwa foto tersebut adalah hoaks, atau tidak benar.

“Itu tidak benar, kita tidak ada menemukan atau menyampaikan informasi terkait seperti yang ada di foto itu,”ujarnya singkat.

Sebelum foto hoaks ini beredar, disaat kapal KM Sinar Bangun baru tenggelam Senin lalu, juga langsung beredar gambar kapal yang sedang terbalik. “Inilah KM Sinar Bangun yang terbalik di danau toba” isi pesan yang beredar begitu cepat. Bahkan beberapa media yang ingin terdepan mengabarkan berita terkait KM Sinar Bangun memajang foto tersebut. Dan tidak berapa ada bantahan bahwa foto tersebut adalah hoaks. Dimana foto itu diduga kapal pengungsi Rohingya yang terbalik.

Gambar hoaks yang menyebutkan bahwa inilah KM Sinar Bangun yang tenggelam itu. (Int)

Akibat foto hoaks itu banyak masyarakat yang menganggap kejadian karamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba juga adalah hoaks.

Menyikapi peredaran foto-foto hoaks itu salah soerang netizen yang aktif di media sosial, D.m. Michler Butarbutar dalam akun facebooknya menuliskan agar pengguna media sosial jangan langsung percaya setiap gambar yang dikirim tanpa ada sumber yang jelas dan resmi.

“Sahabat medsos yang terhormat, hari ini beredar info dan gambar ini, dikatakan sbg kapal km sinar bangun, ada juga mengatakan peldatari 1 (1997), namun pengirimnya tidak berkenan menyatakan sumber. Karena itu, kita mohon rekan facebooker, WA atau medsos, jangan menyebarkannya. Hingga saat ini, belum ada informasi atau pernyataan resmi dari pihak berwenang ttg posisi dan lokasi km sinarbangun tenggelam. Hanya ada dugaan kuat berada di kedalaman 450 m”. Tulisnya.

Saran dari D.m. Michler Butarbutar mendapat dukungan dan tanggapan dari para netizen. Itu dibuktikan dengan komentar dukungan. Bahkan ada netizen menuliskan, mereka tidak tahu apakah itu gambar asli atau tidak. Mereka hanya ingin menshare saja ingin berbagi informasi.

Sampai berita ini diturunkan menurut Torang Hutahean Koordinator Basarnas wilayah Toba, belum ada tambahan korban yang ditemukan termasuk bangkai kapal. (RED)