oleh

Menkumham Yasonna Laoly Ajak Masyarakat Nias Bersatu

Tapteng, 22/6 (Batakpost.com)-Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Yasonna Hamonangan Laoly mengajak seluruh masyarakat Nias yang ada di Sibolga-Tapanuli Tengah bersatu dan tidak mau terpecah. Karena dengan kebersamaanlah ada kekuatan. Demikian pesan sang Menteri ketika menghadiri acara Pagelaran Seni Budaya Nias dan pelantikan Pengurus PAC Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) se-Kabupaten Tapanuli Tengah periode 2018-2023 di Lapangan Sepak Bola Pandan Jumat, (22/6).

“Masyarkat Nias itu dikenal sebagai petarung. Untuk itulah kalian juga jangan mau menyerah dengan situasi, menyerah dengan keadaan, menyerah dengan kesulitan melainkan harus berani dan bertarung. Untuk itulah dalam Seni dan Budaya kita masih tersimpan terus tarian Perang Nias, karena pada dasarnya masyarakat Nias adalah petarung,” tegasnya.

Pada kesempatan itu juga Yasonna menitipkan masyarakat Nias kepada Bupati Tapteng dan Walikota Sibolga agar diperhatikan. Karena masyarakat Nias yang ada di Tapteng menurutnya masih banyak berada di pedalaman, di gunung-gunung. Dibutuhkan dukungan sarana prasarana transportasi jalan.

“Saya meminta agar kedua daerah ini bisa menampung anggaran untuk membantu mebuka akses demi masyarakat yang tinggal di pedalaman dan juga di gunung-gunung,” kata Laoly.

Sedangkan kepada masyarakat Nias yang ada di Sibolga-Tapteng, Menteri Hukum dan HAM  berpesan agar berpedoman kepada semboyan ‘Dimana Bumi Dipijak Disitu Langit Dijunjung. Masyarakat Nias di kedua daerah ini harus bisa menyesuaikan diri dan menjalin komunikasi yang baik serta hidup dalam persaudaraan dan kekeluargaan.

“Saya apresiasi pengurus PAC HIMNI Tapteng yang mampu menjalin kerjasama dengan Pemkab dan Pemko hingga terselenggaran kegiatan ini. Mari kita bersatu padu dan bergandengan tangan dalam mendukung pembangunan di kedua daerah ini,”pesan Menteri.

Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul berterimakasih atas kehadiaran Menteri Yasona Laoly ke kampung halamannya di Sibolga-Tapteng. Ia berharap kegiatan seni budaya Nias menjadi ragam budaya yang ada di Tapteng. Diharapkan juga dukungan dari masyarakat Nias untuk mensukseskan pembangunan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Dalam kegiatan ini Menteri Yasona Laoly disambut dengan hangat oleh masyarakat Nias dan diarak di tengah lapangan sembari ditandu di atas peti kehormatan masyarakat Nias.

Kegiatan ini dihadiri Walikota Sibolga Syarfi hutauruk, mewakili Dandim 0211/TT, mewakili Kapolres Tapteng Ketua HIMNI Sumatera Utara Toruna Gulo, Ketua HIMNI Pusat  Marinus Gea dan Mayjend (Purn) Kristian Zebua MM, Brigjend Bahagia Daci.Tomas dan sejumlah tokoh adat  Nias yang tinggal di wilayah Sibolga-Tapteng. (HAT)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed