Wow.. Penumpang di Pelabuhan Sibolga Naik 200 persen

oleh
Lonjakan penumpang yang terjadi di pelabuhan Sibolga H-2 Lebaran. (batakpost.com/RED)

Sibolga, 13/6 (Batakpost.com)- Jumlah penumpang pelabuhan Sibolga mengalami kenaikan sekitar 200 persen pada H-2 Idul Fitri. Demikian ditegaskan Menager PT. WJL, Syahnan salah satu perusahaan kapal penyeberangan jurusan Sibolga-Nias.

Diterangkannya, seminggu sebelumnya, jumlah penumpang masih seperti biasa, belum ada lonjakan. Lonjakan mulai terlihat sejak H-5, yang terjadi sekitar 30 persen dari jumlah biasanya. “H-5 kemarin baru kelihatan ada peningkatan jumlah penumpang. Itupun masih sekitar 30 persen. Yang biasanya, jumlah penumpang kita sekitar 200 orang permalam, naik menjadi sekitar 300 orang. Sekarang, sudah naik lagi sekitar 200 persen,” ujarnya Rabu di Sibolga.

Menurutnya, kondisi ini baru terjadi tahun ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena, baru kali ini, terjadi libur panjang PNS yang berbarengan dengan libur anak sekolah. Sehingga, dijadikan kesempatan bagi masyarakat untuk berlibur.

Untuk menyambut liburan kali ini, pihak PT. WJL menyediakan 3 armada, yang akan menyeberang setiap hari. “3 kapal yang kita siapkan, KM. Wira Glory, KM. WIra Prime dan KM. Wira Victory. KIta berangkat setiap hari, pukul 8.00 WIB, malam. Kita siapkan khsusu penyeberangan Sibolga-Nias saja. Untuk Sibolga-Teluk Dalam sudah tidak lagi. Sudah ada PT. ASDP yang melayani,” terangnya.

Ditambahkannya, untuk menjamin keselamatan penumpang diatas kapal, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak Lanal Sibolga. Untuk meminta bantuan personil yang akan ikut pada setiap penyeberangan. “Untuk pengamanan, kita akan biacarakan dengan pihak Angkatan Laut (AL). Agar bisa menempatkan personilnya untuk pengamanan diatas kapal,” pungkasnya.

Selain itu, untuk menjamin keselamatan penumpang, mereka juga telah menyediakan bagasi khusus bagi senjata atau barang-barang berbahaya. “Penumpang yang ingin melakukan penyeberangan tidak diperbolehkan membawa barang berbahaya kedalam kapal, semua akan kita periksa. Kitapun sudah sediakan bagasi khusus untuk itu. Ini demi kenyamanan semua penumpang. Jadi, kami harapkan pengertian dari semua penumpang kami,” ketusnya.

Ditegaskannya walaupun jumlah penumpang mengalami kenaikan yang cukup signifikan harga tiket tetap normal atau tidak ada kenaikan yaitu sebesar Rp66 ribu/orang. (RED)