Inilah Tempat Wisata Yang Wajib Anda Kunjungi Jika Berlibur ke Sibolga dan Tapanuli Tengah

oleh
Keberadaan ikan lumba-luma di Pulau Mursala Tapanuli Tengah. (Ist)

Catatan Redaksi

Musim liburan sudah tiba, saatnya menentukan tempat berlibur bagi keluarga anda. Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga bisa menjadi salah satu tempat yang ada pilih untuk menikmati indahnya panorama bahari di tepi pantai barat Sumatera Utara. Sejumlah lokasi yang unik nan indah dapat anda nikmati di kedua daerah yang bertetangga itu. Bukan hanya bahari laut, tempat-tempat religi juga bisa anda kunjungi di daerah ini.

Saat ini transporasi menuju Sibolga-Tapteng semakin mudah dijangkau sejak hadirnya Bandara FL Tobing yang berada di Pinangsori. Sejak beberapa tahun yang lalu Garuda sudah membuka rute penerbangan langsung dari Jakarta ke Sibolga, dan juga Winsg Air melalui groupnya Lion melalui transit Medan.

Sedangkan untuk jalur darat, kemudahan melintas semakin terasa, pasca dilebarkannya ruas jalan Tarutung- Sibolga diera kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Barang tentu pilihan teletak di tangan anda, apakah melalui rute udara atau jalan darat.

Berikut ini kami suguhkan beberapa tempat wisata yang wajib anda kunjungi jika berlibur ke Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah.

  1. Pantai Ujung Sibolga.

Pantai ujung Sibolga merupakan salah satu pantai yang memiliki keindahan alam yang bisa menghipnotis semua mata orang yang berada di sana. Pantai Ujung Sibolga memiliki suasana yang eksotis. Pantai ini terletak di jantung kota Sibolga, maka dari itu disebut dengan Pantai Ujung dari Kota Sibolga. Jika anda sudah tiba di sana anda akan dikagumkan dengan perpaduan akan keindahan pasir yang berwarna kecoklatan. Ditambah lagi dengan pesona dari hamparan laut yang berwarna biru membuat pantai ini terlihat indah dan terlihat sangat eksotis.

Keindahan Pantai Ujung Sibolga. (Ist)
  1. Indahnya Pulau Poncan Gadang

Bagi anda yang suka dengan keindahan Pulau, maka Pulau Ponca Gadang direkomendasikan untuk anda kunjungi. Pulau Poncan Gadang memiliki lokasi yang sangat dekat dengan dermaga kota Sibolga. Keindahan pantainya akan sangat mempesona saat pertama kali anda memandang, ditambah dengan adanya gua-gua Jepang yang ada disekitar pulau Poncan Gadang menjadikan pulau ini mempunyai daya tarik yang kuat untuk mendatangkan para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Keindahan Pulau Poncan Gadang ini benar-benar eksotis dan mengagumkan sehingga akan membuat anda ingin berlama-lama di pulau ini.

Poncan Gadang. (Ist)
  1. Wisata Perbukitan Sibolga

Bagi pencinta wisata pegunungan terutama aktifitas hiking, Kota sibolga juga memiliki beberapa bukit yang bisa didaki. Salah satu bukitnya yaitu Bukit Tor Simarbarimbing bisa menjadi salah satu tujuan menarik. Anda dapat menikmati indahnya pemandangan Teluk Tapian Nauli di puncak Tor Simarbarimbing ini. Ketika anda merasa lelah, anda bisa beristirahat di gazebo atau sejenis pondok yang telah tersedia di puncak bukit ini sambil menghirup udara segar dan masih alami karena tidak tersentuh oleh polusi. Wisata Perbukitan Sibolga.

Bukit Tor Simarbarimbing. (Ist)
  1. Bagan Kayu Nelayan Sibolga

Ketika nelayan merasa sudah banyak ikan yang terperangkap, saat itulah nelayan akan menarik jaring yang telah dipenuhi ikan. Aktivitas tersebut biasanya dilakukan pada malam hari, untuk mensiasati hal tersebut nelayan akan membuat pondok di bagian atas bagan sebagai tempat  untuk menginap.

Bagan Nelayan (Ist)
  1. Pulau Mursala

Salah satu tempat wisata di Kabupaten Tapanuli Tengah yang pernah dijadikan sebagai latar pengambilan gambar dari sebuah film yang mendunia yang berjudul Kingkong. Tempat tersebut adalah Pulau Mursala yang memiliki pesona alam yang sangat elok nan indah. Pulau Mursala yang berada di Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah menyuguhkan pemandangan unik dan eksotis yang dapat dikatakan tidak ada duanya di dunia. Pulau Mursala memiliki salah satu air terjun yang menjadi daya tarik dari Pulau ini. Hal inilah yang menjadi keunikan tersendiri dari air terjun Mursala. Air terjun Mursala memiliki daya pikat yang sangat kuat, sehingga siapapun yang berkunjung ke pulau ini akan dibuat berdecak kagum akan keindahannya.

Hal yang membuat air terjun Mursala unik karena air terjunnya rasa tawar padahal berada di tengah laut. Air terjun ini langsung jatuh ke laut yang di bawahnya terjaga ingah terumbu karang sehingga anda akan dimanjakan jika menyempatkan diri berenang, diving dan snorkling di Pulau nan eksotif ini.

Pulau Mursala (Ist)
  1. Hamparan Keindahan Pulau Pasir Putih

Keindahan Pulau Pasir Putih tidak kalah menarik dengan Pulau Mursala. Di Pulau ini hamparan pasir putih cukup kental, sehingga anda leluasa untuk menikmati keindahan pasir di tepi pantai. Penginapan juga tersedia di pulau ini yang cukup ditempu beberapa jam saja dari Sibolga atau dari Kota Pandan. Damai dan tenang itulah gambaran jika anda sudah meginjakkan kaki di Pulau yang dikelilingi birunya air laut. Bagai warga Sibolga tau Tapanuli Tengah, sering menyebut Pulau ini dengan sebutan Pulau Putri, karena memiliki legenda tentang keberadaan putri nan cantik yaitu Putri Runduk.

  1. Pantai Pandan

Salah satu pantai lainnya yang menjadi tempat wisata di Tapanuli Tengah adalah Pantai Pandan. Pantai ini memiliki pemandangan atau view laut yang terhampar luas. Pemandangan ini memiliki pesona yang luar biasa untuk anda nikmati bersama keluarga atau kerabat dekat lainnya. Dari tempat ini anda juga dapat menikmati indahnya matahari terbenam. Jika anda merasa bosan saat berjalan-jalan di pantai anda bisa mencoba berbagai macam fasilitas wahana banana boad. Anda juga bisa bermalam di pantai ini, karena pantai pandan menyediakan berbagai macam fasilitas untuk beristirahat mulai dari tempat makan hingga Hotel berbintang salah satunya PIA Hotel Pandan.

Pantai Pandan. (Ist)
  1. Pantai Kalangan Dikelilingi Perbukitan

Pantai indah yang bisa anda jadikan sebagai temoat wisata Sibolga selanjutnya adalah pantai indah Kalangan. Saat anda melakukan perjalanan menuju pantai indah Kalangan, Anda akan disuguhkan  dengan pemandangan yang sangat indah dengan suasana segar dan nyaman. Sebelum memasuki kawasan pantai anda akan bertemu dengan sebuah jembatan yang memiliki view yang sangat menggambarkan keindahan dari alam Sibolga.

Berbagai fasilitas yang disediakan oleh pantai kalangan, fasilitas dari pantai kalangan ini terbilang cukup lengkap. Adanya gazebo dan fasilitas penunjang lainnya akan membuat perjalanan wisata Anda bersama keluarga dan rombongan lainnya akan terasa nyaman.

Pantai Indah Kalangan (Ist)
  1. Pulau Poncan Ketek

Banyaknya pulau yang ada di Sibolga menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Sumatera Utara. Pulau berikutnya yang memiliki keindahan yang tidak kalah cantiknya dengan pulau-pulau lainnya yang berada di Sibolga adalah Pulau poncan Ketek. Pulau ini merupakan pulau yang terletak berdekatan dengan  Pulau Poncan Gadang. Panorama yang disuguhkan oleh Pulau Poncan Ketek sama indahnya dengan Pulau Poncen Gadang. Pulau mungil ini memiliki perpaduan antara pasir yang berwarna putih dan halus, pepohonan yang berwarna hijau dan langitnya yang berwarna biru. Ditambah lagi dengan suasana sunyi dan keindahan alam bawah laut membuat pantai ini layak menjadi tujuan wisata Anda untuk bersnorkling dan berdiving ria di Pulau ini.

Poncan Ketek. (Ist)
  1. Mendaki Tangga Saratus atau Taman 100

Dengan mendaki Tangga Saratus atau sekarang ini disebut Taman 100 anda bisa menikmati keindahan alam kota Sibolga dari ketinggian dengan mendaki tangga seratus Sibolga ini. Tempat Wisata Sibolga yang bernama tangga seratus ini berada di Jalan Sisingamangaraja, Sibolga Kota. Tempat wisata Sibolga yang satu ini sangat indah dan sangat layak menjadi lokasi berfoto anda dan dari atas bisa dijadikan kota Sibolga menjadi backgroud foto anda.

Keindahan Tangga 100 atau taman 100 dimalam hari. (batakpost.com/RED)
  1. Wisata Sejarah Benteng Jepang di Bukit Ketapang

Tempat wisata Sibolga yang indah dan memiliki nilai sejarah yang tinggi  berada di Bukit Ketapang. Tempat wisata Sibolga ini dikenal dengan nama Benteng Jepang. Sesuai dengan namanya dulunya, tempat ini dijadikan sebagai benteng pertahanan dari sekutu Jepang. Destinasi wisata Benteng Jepang ini merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Sibolga dan Tapanuli Tengah.  Benteng Jepang berada di sekitar Bukit Ketapang Desa atau Kelurahan Sibolga Ilir. Di desa tersebut terdapat enam buah benteng yang memiliki nilai sejarah. Anda akan mendapatkan pemandangan atau view yang terbaik kertika anda berada di puncak bukit. Dari puncak Bukit Ketapang anda bisa melihat dua benteng yang menghadap langsung ke Kota Sibolga. Sangat asyik rasanya menikmati keindahan alam dari ketinggian bukit ketapang yang memiliki nilai sejarah yang tinggi ini. selain itu, sangat sulit juga rasanya menggambarkan keindahan pemandangan di bukit Ketapang yang kaya sejarah ini. Penasaran bagaimana indahnya bukit Ketapang? Yuk luangkan waktu anda untuk berkunjung ke tempat ini untuk mengetahui keindahan yang tersimpan dibalik bukit yang bersejarah ini.

Bukit Jepang di Ketapang. (Ist)
  1. Pantai Bosur

Pantai Bosur tempat wisata baru di ibukota Tapanuli Tengah tepatnya di Pandan. Nama Pantai ini diambil dari nama Bupati Tapteng yang yaitu Bonaran dan Wakilnya Sukran. Karena dimasa pimpinan merekalah pantai ini terlahir. Kehadiran Pantai Bosur mampu memberikan suguhan tersendiri bagi pegunjung. Karena lokasi ini mirip seperti di Pantai Jimbaran Bali. Beragam kuliner dan tenda-tenda tersedia di tempat ini. Tidak lupa kehadiran dermaga semakin memperindah keberadaan Pantai Bosur Pandan. Khusus bagi anda yang rindu akan bukti-bukti sejarah religi, tidak salah beberapa tempat religis wajib anda kunjungi jika sudah tiba di Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Panorama Pantai Bosur senja hari. (Ist)
  1. Makam Mahligai

Berdasarkan teori sosiologi, pengelompokan makam yang dibangun merata dan teratur berdasarkan ukuran tertentu di daerah tertentu, membuktikan status tokoh-tokoh yang dimakamkan. Sejarah selalu mencatat, hanya orang-orang besar yang memiliki pemakaman khusus. Dengan demikian kompleks pemakaman ini membuktikan entitas masyarakat muslim di tanah Barus yang telah ada ratusan tahun silam. Kompleks pemakaman tua ini bernama Makam Mahligai, terdapat 43 nisan tua yang berukir aksara Arab kuno dan Persia. Makam Mahligai terletak di areal seluas 3 hektar di atas pebukitan Desa Dakka , Kecamatan Barus Induk. Makam Mahligai didirikan oleh Tuan Syekh Siddiq, setelah dirinya mangkat jenazahnya juga dikebumikan di kompleks pemakaman tersebut. Jumlah makam yang terdapat di tempat bersejarah itu, diperkirakan lebih kurang 215 makam dengan batu nisan yang besar dan kecil. Makam tersebut dengan ukiran bergaya arab. Salah satu makam di kompleks ini adalah Tuan Syekh Rukunuddin, wafat malam 13 Syafar, Tahun 48 Hijriah (48 H) abad ke 7 M, dalam usia 102 Tahun, 2 Bulan, 10 Hari. Bahkan, jelasnya, dari berbagai ukiran terdapat dibatu nisan itu, yakni aksara Arab kuno, aksara Parsi banyak yang sudah tidak dapat terbaca lagi bagi wisatawan dan pengunjung yang datang ke lokasi ini.

Presiden Joko Widodo saat meninjau keberadaan Makam Mahligai di Barus. (Ist)
  1. Papan Tinggi

Disebut Makam Tinggi karena memang lokasinya berada di pegunungan yang cukup tinggi, yakni sekitar 153 meter diatas permukaan laut. Badan bukit menuju makam cukup terjal, memiliki kemiringan hingga 45 derajat, cukup sulit untuk didaki. Anak tangga menuju makam tempat Syech Mahmud dikebumikan dibangun dimasa Soekarno. Yang meresmikannya adalah Adam Malik. Masih di anak tangga pertama, suasana di tempat ini terasa demikian teduh dan menenangkan. Sekelilingnya adalah hutan bercampur dengan tanaman penduduk. Pohon-pohon yang tumbuh membuat kawasan ini menjadi tenang dan tentram. Terdapat delapan undakan anak tangga menuju Makam Papan Tinggi. Jumlahnya mencapai 744 anak tangga. Di setiap perhentian undakan terdapat tapak kosong untuk tempat beristirahat.

Di lokasi Makam Papan Tinggi ini, terdapat makam terpanjang dan mempunyai batu nisan yang besar dan tinggi. Di batu nisan yang terbuat dari batu cadas dengan berat ratusan kilogram tertulis nama Syech Mahmud Fil Hadratul Mautyang ditarikhkan pada tahun 34 H sampai 44 H yang berarti hidup pada masa Sayyidina Umar Bin Khattab sebagai khalifah. Tidak diketahui bagaimana caranya batu cadas itu bisa sampai di ketinggian ini.

Selain makam panjang, didalam lokasi Makam Papan Tinggi itu juga terdapat lima makam lain yang menurut cerita adalah makam keturunannya.

Masyarakat Barus menyebutnya Makam Papan Tenggi. Dalam bahasa Indonesia diartikan Makam Papan Tinggi. Dahulu, bukit ini merupakan daerah pengambilan kayu oleh masyarakat yang akan dijadikan bilah-bilah papan. Sejak hadirnya sebuah pemakaman, maka tempat ini dinamakan Makam Papan Tinggi.

Lokasi Makam Papan Tinggi berada di sebuah bukit yang terletak di sisi timur Jalan Raya Barus – Manduamas. Secara administratif makam ini berada di dusun Lobu Tua, Kecamatan Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Makam Papan Matinggi di Barus. (Ist)
  1. Titik Nol di Barus

Presiden Joko Widodo  resmi menetapkan Titik Nol Kilometer Peradaban Islam Nusantara, tanggal 24 Maret 2017. Penetapan Barus sebagai Titik Nol Kilometer Peradaban Islam Nusantara yang digagas oleh Jam’iyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) ini oleh Presiden RI Jokowi langsung, merefleksikan pengakuan bangsa Indonesia bahwa Kota Barus atau yang dikenal Fansuri yang  sejak dari dulu ini menjadi bahan perdebatan, baik di dunia nyata seperti ditengah – tengah ahli sejarah dan arkeolog maupun di dunia maya, benar sebagai pintu gerbang masuknya Islam pertama kali di nusantara. Bukan di daerah atau di pulau lain di Indonesia.

Menurut Jokowi, penetapan Barus sebagai Titik Nol Kilometer Peradaban Islam Nusantara didasari oleh sejarah hubungan antara leluhur/nenek moyang bangsa Indonesia dengan saudagar atau pedagang – pedagang asal Timur Tengah (Timteng) yang sudah ada sejak abad VI atau 600 masehi atau sekitar 48H. Hubungan yang terjalin berupa hubungan dagang berupa hasil alam (komoditi alam) seperti kemenyan dan kapur Barus,asal dari Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), yang diketahui dipergunakan oleh bangsa Timur Tengah kala itu sebagai salah satu bahan pengawet jenajah atau yang disebut dengan mummi.

“Mummi – mummi (jenajah yang diawetkan) yang ada di Mesir, itu bisa diawetkan karena kapur Barus yang dibawa langsung dari Barus,” ungkap Jokowi saat memberikan sambutan di acara peresmian monumen tugu nol kilometer peradaban Islam Indonesia di Kota Barus,  Tapteng, .

Ditengah hubungan dagang itu, diduga telah terjadi proses siar agama Islam oleh para saudagar atau pedagang – pedagang asal Timur Tengah dengan nenek moyang/leluhur bangsa Indonesia yang ada di Barus. Hal ini kata Jokowi bisa dibuktikan dari bukti sejarah keberadaan salah satu makam para ulama siar Islam asal Timur Tengah yang ada di Barus.

Tugu Titik Nol di Barus. (Ist)

Itulah beberapa Tempat Wisata Sibolga- Tapanuli Tengah yang bisa anda jadikan sebagai referensi destinasi wisata yang bisa anda kunjungi saat liburan seperti sekarang ini. Bagi anda yang ingin menikmati semua tempat wisata ini bisa menghubungi ‘Jason Holiday’ salah satu travel yang dapat dipercaya untuk melayani anda sebagai mana terdapat dalam website ini.  Semoga hal ini bermanfaat dan kami nantikan kunjungan anda di ‘Negeri Berbilang Kaum dan Negeri Wisata Sejuta Pesona’. Terimakasih. (berbagai sumber)