KSOP Sibolga siapkan lima kapal angkutan lebaran

oleh
Salah satu kapal yang akan mengangkut pemudik lebaran. (batakpost.ocm/RED)

Sibolga, 7/6 (Batakpost.com) – Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sibolga telah menyiapkan lima unit armada kapal untuk mengangkut penumpang dan barang kebutuhan pokok dari Sibolga-Pulau Nias selama libur lebaran.

Adapun kelima kapal itu diantaranya, KM Belanak, KM Simelue, KM Wira Victoria, KM Wira Glory, da KM Wira Tank. Kelima kapal laik oprasional dan sudah dilaporan kepada Dirjen Perhubungan di Jakarata, terang Kepala KSOP Sibolga, Augustia Waruwu, kemamrin.

“Untuk armada kapal lebaran tidak ada masalah semua sudah disiapkan, bahkan jika dibutuhkan pada hari H lebaran, kita siap memberangkatkan kapal diluar KM Belanak, karena ASPD kemarin sudah menyatakan pada hari H lebaran kapal mereka off. Bahkan jika sangat mendesak kapal siap kita perintahkan putar kepala,”tegasnya.

Menurut Augustia, dalam rapat bersama dengan Forkompinda yang dipimpin Walikota Sibolga beberapa hari lalu, KSOP Sibolga telah meminta bantuan berupa Metal Detector untuk dapat melakukan pengecekan barang-barang dan penumpang. Selain itu juga tambahan personil keamanan dari Lanal Sibolga.

“Kalau selama ini setiap kapal berangkat selalu ada dua anggota TNI-AL yang ikut dalam kapal. Dan untuk lebaran ini kami meminta penambahan supaya menjadi empat orang. Jika terjadi sesuatu hal bisa dengan cepat diantisipasi,”ujarnya.

Sedangkan untuk Posko angkutan lebaran katanya tertanggal 31 Mei 2018 sudah dibuka di Pelabuhan Sibolga sampai nanti tanggal 1 Juli 2018. Itu sesuai dengan perintah dari Dirjen Perhubungan dan sudah dilaksanakan setiap tahunnya.

“Khusus untuk sembilan bahan pokok kami akan berangkatkan lebih awal ke Pulau Nias sehingga tidak ada masalah nantinya. Dan kami juga berharap agar tidak ada lagi berita hoax seperti tahun lalu yang menyebutkan adanya penumpukan penumpang,”tandasnya. (HAT)