oleh

Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan

Sibolga, 5/6 (Batakpost.com)-Kepala BPJS Kesehatan Kota Sibolga Rudy Sukmawan menegaskan, masyarakat peserta Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tidak perlu khawarit saat libur lebaran tahun 2018. Karena masyarakat berhak mendapat pelayanan walaupun libur lebaran tepatnya H-8 sampai H+8 atau tanggal 7-23 Juni 2018.

Hal itu disampaikan Rudy dalam acara konfrensi pers yang dilaksanakan di lantai II kantor BPJS Kesehatan Kota Sibolga, bersama dengan pihak RSU FL Tobing, Dinas Kesehatan Sibolga dan salah satu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kota Sibolga, Senin sore.

Salah satu tujuan dari temu pers itu ungkap Rudy, bahwa BPJS Kesehatan ikut menyambut dan mendukung peserta JKN-KIS yang melaksanakan mudik. Memastikan peserta JKN-KIS yang melaksanakan mudik mendapat jaminan atau akses finansial ke fasilitas kesehatan apabila dibutuhkan. Memastikan peserta JKN-KIS dapat mengakses informasi yang diperlukan selama melakukan mudik.

Kepala BPJS Kesehatan Sibolga saat memimpin konprensi pers terkait layanan BPJS Kesehatan selama libur lebaran 2018. (batakpost.com/RED)

“Hal ini perlu kami sampaikan agar masyarakat tahu bahwa selama libur lebaran masyarakat tetap dapat pelayanan BPJS Kesehatan, termasuk peserta FKTP yang dari luar daerah. Artinya kalau keluarga kita yang mudik ke Sibolga tiba-tiba sakit, maka bisa dilayani di RSU, Puskesma Sibolga atau klinik yang melayani BPJS walaupun tidak ada surat rujukan dari  Puskesmas atau klinik daerah asal atau yang disebut dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Selagi iuran BPJS Kesehatannya tidak menunggak bisa dilayani sebanyak tiga kali kunjungan. Sedangkan bagi pasien yang gawat darurat seluruh fasilitas kesehatan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS,”jelasnya.

Disebutkan Rudy, bahwa pelayanan khusus lebaran ini berlaku di seluruh kantor cabang BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia selama libur lebaran pada tanggal 11, 12, 13, 14, 18, 19, 20 Juni 2018. Sedangkan pada hari libur ada petugas piket yang disiagakan dan juga call center 1500400 selama 24 jam.

Dalam program Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan ini juga disediakan aplikasi BPJS Kesehatan yang bisa didownload diponsel masing-masing. Dalam aplikasi ini disediakan berbagai fitur layanan informasi BPJS Kesehatan, lokasi publik area, fasilitas mitra BPJS Kesehatan dan ragam fitur lainnya.

“Untuk itu kami mengingatkan peserta (JKN-KIS) baik yang mandiri dan juga yang ditanggung pemerintah dan perusahaan, agar mengecek iuran BPJS Kesehatannya jangan sampai menunggak, agar program Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan ini dapat dinikmati peserta JKN-KIS,”harap Rudy.

Sementara itu dari pihak RSU FL Tobing Sibolga yang diwakili Wakil Direktur Bidang Pelayanan, dr Dona Pandiangan menyampaikan, RSU Sibolga tetap memberikan layanan pada saat libur lebaran nanti, demikian juga dengan Dinas Kesehatan melalui Puskesmasnya tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat baik peserta JKN-KIS dan umum. (REL)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed