oleh

Danrem 023/KS Bacakan Sambutan Presiden Jokowi

-Sibolga-2.358 views

Sibolga, 1/6 (Batakpost.com)- Danrem 023/KS Kol. Inf. Donni Hutabarat menjadi Inspektur Upacara (Irup) untuk memperingati hari lahirnya Pancasila di Lapangan upacara Makorem 023/Kawal Samudera, Jalan Datuk Itam No.1 Sibolga, Jumat, (1/6).

Sedangkan komandan upacara dipimpin oleh Mayor Inf  T.Barus dan Lettu CBS Parhusip sebagai pembaca pembukaan Undang undang Dasar 1945

Upacara ini diikuti Kasrem 023/KS Letkol Inf I Gusti Ketut Artasuyasa, Dandim 0211/TT   Letkol. Inf. Jimmy Rihi Tugu,  para Kabak, para Kasi Korem 023/KS, para Danden dan Kepala Balakaju/rem, serta seluruh prajurit Korem 023/KS

Pada kesempatan itu Danrem membacakan amanat dari Presiden Joko Widodo.

Dalam amahnya Presiden mengungkapkan Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Selama Indonesia Merdeka  Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhineka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia.

Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

“Atas nama seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada para founding father atas warisan luhur Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila yang kita nikmati saat ini. Saya juga ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada generasi-generasi berikutnya yang telah menanamkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,”kata Presiden.

Pada kesempatan yang mulia ini, lanjut Presiden, saya ingin mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita. Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju Negara maju dan jaya, tutupnya. (REL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed