oleh

Menang Liga Champion, Kocek Real Madrid Tambah Rp 1,49 T

Jakarta, CNBC Indonesia – Real Madrid mewujudkan obsesinya menjadi klub Eropa pertama yang berhasil juara Liga Champion (European Champion League/ECL) tiga kali berturut-turut. Tahukah anda berapa uang yang didapat Real Madrid setelah berhasil juara Liga Champion musim kompetisi 2017-2018 ?

Untuk tahun ini total hadiah uang yang disediakan Union of European Associations (UEFA) mencapai EUR 1,3 miliar atau setara dengan Rp 21,40 triliun. Hadiah tersebut didistribusikan kepada semua klub yang menjadi peserta.

Nah, berapa yang diterima Real Madrid setelah dini hari tadi berhasil mengalahkan klub asal Inggris, Liverpool dengan skor 3-1?

Seperti dikutip dari www.totalsportek.com, sebagai juara Real Madrid mendapatkan hadiah EUR 90,8 juta setara Rp 1,49 triliun. Sementara Liverpool yang menjadi runner up menerima total hadiah EUR 83,3 juta atau setara Rp 1,37 triliun.

UEFA memberikan hadiah untuk semua klub yang berpartisipasi di ajang tahunan ini, dengan jumlah berbeda sesuai hasil pertandingan dan bagian hak siar yang sudah disepakati. Semua klub sudah mendapatkan hadiah uang saat resmi jadi peserta.

Hadiah dibagikan mulai dari fase kualifikasi melalui playoff (untuk klub yang sudah ditentukan), bonus penampilan hasil dari menang dan seri di fase group, lalu hadiah saat 16 besar, perempat final, semifinal hingga final serta penerimaan dari hak siar.

Total hadiah uang yang diterima Real Madrid musim 2017-2018 lebih besar dari Liverpool yang memiliki jumlah pertandingan lebih banyak karena harus melakoni fase kualifikasi playoff. Lolos playoff UEFA memberikan EUR 2 juta kepada Liverpool, yang tidak diterima Real Madrid.

Ini berbeda dibandingkan dengan musim 2016-2017, dimana Juventus sebagai runner up mendapatkan hadiah lebih besar dibandingkan Real Madrid yang menjadi juara. Tahun lalu Real Madrid menerima total hadiah EUR 89,5 juta, sedangkan Juventus mendapatkan EUR 101,1 juta. Perbedaan jumlah hadiah yang diterima tersebut karena jumlah hasil menang dan seri yang diperoleh Juventus lebih baik.

Musim ini, Madrid mendapatkan bonus penampilan yang lebih besar pada saat penyisihan grup dibandingkan Liverpool. Hadiah yang diterima klub ibukota Spanyol tersebut mencapai EUR 7,5 juta, yang diperoleh dari empat kali menang dan sekali seri. Sementara Liverpool mendapat bonus penampilan EUR 6 juta dari hasil tiga kali menang dan tiga kali seri.

Total hadiah yang diterima Real Madrid dari market pool, bagian hak siar dari UEFA, mencapai EUR 35,3 juta. Liverpool hanya menerima EUR 31,6 juta. Pembeda lainnya adalah, hadiah final, UEFA memberikan hadiah Euro 15,5 juta kepada sang juara dan Euro 11 juta kepada runner up. (int)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed