oleh

Partangiangan Harianja se Indonesia Dipusatkan Luat Pahae Taput

Sibolga, 4/4 (Batakpost.com)-Panitia Partangiangan Harianja dohot boru, bere, ibebere se-Indonesia beraudensi ke Kapolres Sibolga guna meminta kesediaan Kapolres Sibolga menjadi pembicara dalam kegiatan akbar tersebut.

Kehadiran rombongan panitia partangiangan Harianja boru, bere dan ibebere se-Indonesia (PHBI) disambut baik oleh Kapolres Sibolga, AKBP Edwin Hatorangan Hariandja, SIK, MH Rabu, (4/4).

“Saya selaku keturunan Harianja merasa terhormat karena orangtua saya dongan tubu saya meminta kesediaan saya untuk menghadiri acara akbar Partangiangan Hariandja se- Indonesia dan datang berkunjung ke kantor saya di Polres Sibolga. Saya siap menjadi pembicara nanti sesuai dengan profesi saya sebagai polisi dengan tema materi penanggulangan narkoba. Karena saat ini peredaran narkoba sudah menembus semua lapisan masyarakat,”kata Kapolres.

Kapolres Sibolga AKBP Edwin Hariandja dengan Ketua Panitia Partangiangan Harianja se Indoensia, Dr. Simon Harianja. (batakpost.com/HAT)

Sementara itu Ketua Umum PHBI, DR. Simon D Hariandja, MTh didampingi Sekretaris Panitia, Jesaya Hariandja, M.Si kepada wartawan mengatakan, bahwa Pomparan Raja Parhoris Harianja, boru bere dan ibebere se-Indonesia telah berhasil membangun tugu Harianja dan melaksanakan beberapa kali pesta Partangiangan dan Musyawarah Besar Punguan. Dan sesuai dengan kesepakatan telah ditetapkalah agenda partangiangan sekali lima tahun secara bergiliran di ketiga daerah di Bona Pasotit Harianja, yaitu, Huta Gorat, Onan Runggu Samosir, Pangaribuan dan Luat Pahae.

“Dan tahun ini saatnya Luat Pahae menjadi tuan rumah peserta Pantangiangan PHBI  yang direncakan akan dilangsungkan selama dua hari, tanggal 6-7 Juli 2018 di Huta Nahornop Marsada Sarulla Pahae Jae, Tapanuli Utara. Dalam kegiatan ini akan dilakukan beberapa hal penting terkait pelaksanaan musyawarah besar untuk menetapkan kepengurusan, pemeliharaan tugu dan upaya pembentukan program nyata berupa pendirian Yayasan Sosial yang akan menggerakkan kebersamaan dan kemajuan bagi semua Pomparan Raja Pahoris Harianja, Boru, bere dan Ibebere (PHBI),”ujarnya.

Sedangkan yang mejadi tujuan kegiatan tersebut tambahnya, sebagai wujud ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segera berkat dan karunia yang telah diterima oleh seluruh Pomparan Raja Parhoris Harianja, Boru, Bere dan Ibebere se- Indoensia (PHBI). Meningkatan rasa solidaritas serta memperat rasa persaduaraan diantara seluruh Pomparan PHBI. Menggali nilai-nilai kearifan lokal dan menghimpun berbaga potensi/kekuatan yang ada untuk usaha kepedulian sosial dan membangun SDM PHBI dimanapun berada. Mewariskan rasa kebanggan sebagai anak bangsa dengan nilai budaya Batak dan semangat kekeluargaan marga Harianja-anak boru,bere, ibebere, katanya. (HAT)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed