Gubsu Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Baru RSU FL Tobing Sibolga

oleh
Gubsu beserta dengan Ketua TP PKK Sumut saat meninjau master plant pembangunan gedung baru RSU FL Tobing Sibolga. (batakpost.com/HAT)

Sibolga, 31/3 (Batakpost.com)- Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi bersama dengan Walikota Sibolga, Syarfi Hutauruk, Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Ketua DPRD Sibolga, Tonny Lumbantobing, Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul dan Wakil Walikota Sibolga, Edy Polo Sitanggang, meletakkan batu pertama pembangunan gedung baru RSU FL Tobing Sibolga, Sabtu, (31/3).

Peletakan batu pertama ini sebagai wujud rehap total bagunan lama RSU FL Tobing yang sudah tidak layak lagi digunakan karena faktor bangunan yang sudah banyak rusak serta tidak memadahi lagi.

Direktur RSUD FL Tobing, dr. Masrip Sarumpaet dalam laporannya mengatakan, bahwa inisiatif pembangunan gedung baru tersebut adalah ide dari Walikota Sibolga yang melihat langsung peningkatan pasien yang terus meningkat setiap saat, sementara kondisi bagunan sudah tidak memadahi lagi. Kepada kami selaku Direktur dipercayakan untuk membuat master plant bangunan baru RSU FL Tobing.

“Setelah kami melakukan study banding dan menyerahkan hasil gambar master plant kepada pak Walikota, beliau langsung setuju dan meminta agar pembangunan gedung baru segera dilaksanakan. Berkat hubungan baik pak Walikota dengan bapak Gubernur Sumatera Utara,bapak Gubernur mengucurkan dana APBD Provinsi sebesar Rp20 miliar untuk pembangunan gedung baru RSU FL Tobing ini. Untuk itu kami mengucapkan terimakasih kepada bapak Gubernur yang sudah bersedia mengalokasikan dana dan menghadiri peletakan batu pertama ini,”kata Masrip.

Sementara itu Walikota Sibolga, Syarfi Hutauruk dalam sambutannya mengatakan, bahwa keberadaan RSU FL Tobing sudah ada sejak dulu. Hal itu dibuktikan dengan keberadaan Pahlawan Nasional dr, Ferdinand Lumbantobing yang turut memperjuangkan kesehatan masyarakat pantai barat Sumatera Utara.
Dan paja jaman kepemimpinan Presiden SBY, rumah sakit FL Tobing sudah menjadu pusat rujukan di Pantai Barat sewaktu peristiwa bencana tsunami di Aceh dan Pulau Nias.

“Untuk itu kami berterima kasih kepada bapak Gubernur yang bersedia membantu kami. Dan sesuai dengan konsep, gedung rumah sakit baru ini terdiri dari lima lantai, yang ruang parkirnya berada di bawah tanah. Sedangkan di lantai lima nantinya menjadi tempat tinggal para dokter specialis yang dilengkapi dengan alat fitnes. Dan sesuai dengan target, tahun 2020 pembangunan gedung sudah rampung gedung lama ini akan dirobohkan. Kami berharap siapapun nanti yang menjadi gubernur Sumut menggantikan pak Tengku, kelangsungan pembangunan rumah sakit ini dapat dilanjutkan,”harap Syarfi.

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi dalam arahannya mengatakan, kehadirannya di Kota Sibolga untuk melengkapi kegembiraan masyarakat Sibolga yang merayakan hari jadi Kota Sibolga ke 318 tahun. Dan sekaitan dengan peletakan batu pertama bangunan baru RSU FL Tobing, akan semakin membuat RSU Sibolga semakin Paten.

“Saya berharap selain bangunan baru, kelengkapan alat-alat rumah sakit dan sumber daya manusianya harus tetap ditingkatkan. Dan apa yang disampaikan oleh pak Walikota Sibolga, bahwa memang keuangan provinsi telah kita kucurkan sebanyak Rp20 miliar untuk mendukung pembangunan gedung baru RSU FL Tobing ini. Saya meminta agar proses pengerjaan dan tender proyek ini dikerjakan dengan baik dan mempergunakan sistim e-katalog, sehingga lebih transparan dan terbuka serta tidak beresiko,”tandasnya.

Usai peletakan batu pertama, Gubsu bersama dengan isteri dan juga rombongan melihat master plant pembangunan gedung baru rumah sakit umum dr. FL Tobing, Sibolga. (HAT)