oleh

Kominfo Sibolga Ajak Masyarakat Menjadi Pembaca Pintar Tanpa Berita Hoax

-Sibolga-2.143 views

Sibolga, 29/3 (Batakpost.com)- Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sibolga mengajak masyarakat menjadi pembaca pintar tanpa berita berita hoax. Seruan dan sosialisasi itu disampaikan melalui moment pameran hari jadi kota Sibolga yang berlangsung satu minggu di lapangan Simaremare Sibolga.

Di stand pameran Kominfo Sibolga, pengunjung diajak untuk melihat apa yang menjadi visi misi pembangunan kota Sibolga khususnya Dinas Kominfo yang merupakan Dinas baru. Melalui layar komputer yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur, petugas stand menjelaskan apa-apa saja bentuk dan tugas dari Kominfo.

Menurut Mutiah salah seorang penjaga stand Kominfo menjelaskan, salah satu tugas dari Kominfo adalah mengajak masyarakat menjadi pembaca pintar tanpa berita hoax. Untuk itulah Dinas Kominfo Sibolga berupaya memberikan pelayanan informasi publik dengan sunguh-sungguh untuk dapat memberikan pelayanan informasi yang cepat dan tepat waktu. Memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi publik bidang komunikasi dan informatika yang diperlukan dengan murah dan sederhana. Menyediakan daftar informasi publik untuk informasi yang wajib disediakan dan diumumkan. Merespon dengan cepat permintaan informasi dan keberatan atas informasi publik yang disampaikan baik langsung maupun melalui media.

Kominfo Sibolga juga memberikan tips bagaimana mencegah jika menemukan berita hoax. Caranya agar jangan langsung mengunduh/share informasi yang diterima dari sumber yang tidak jelas. Menahan diri untuk tidak memberi kementar negatif, bersikap netral terhadap suatu berita, kritis dan cerdas dalam menyaring informasi yang diterima.

Selain itu juga, perlu dilakukan crosscheck kebenaran berita denga antisipasi judul berita yang bersifat provokatif, dengan mencari refrensi berita yang sama dari sumber media lain. Pastikan sumber berita berasal dari situs atau institusi resmi yang sudah terverifikasi. Memastikan isi berita adalah fakta dan bukan opini seseorang. Cek keaslian foto dan video, dan bacalah berita secara menyeluruh.

“Dengan tips tersebut kiranya masyarakat dapat memahami informasi yang benar dan tidak mudah lagi percaya dengan berita-berita yang tidak memiliki sumber jelas,”katanya.

Diakui Mutiah, respon dari masyarakat untuk berkunjung ke stand Kominfo Sibolga cukup baik. Hal itu dibuktikan pertanyaan yang disampaikan pengunnjung kepada mereka.

“Kami cukup senang dengan adanya respon dari masyarakat yang menanyakan apa saja yang menjadi tugas dan fungsi dari dinas kami. Dengan adanya sosialisasi ini masyarakat semakin mengerti akan tugas dari Dinas Kominfo, khususnya menyamapikan dan menerima informasi yang benar dan bertanggungjawab kepada masyarakat,”sebut wanita berhijab itu Kamis siang. (RED)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed