Sambal Teri Andaliman Sibolga Akan go Internasional

oleh
Sambal ikan teri mama cantik dan sambal ikan teri andaliman produk Sibolga. (batakpost.com/RED)

Sibolga, 28/3 (Batakpost.com)- Dinas Koperasi UKM dan Ketenagakerjaan Kota Sibolga akan meluncurkan produk baru berupa makanan ciri khas dari ‘Negeri Berbilang Kaum’. Adapun produk tersebut adalah Sambal Andaliman, Ikan Sambal Mama Cantik, Terasi Bubuk, White Wader Fish atau ikan teri putih.

Menurut Kadis Koperasi UKM dan Ketenagakerjaan Kota Sibolga, Junifari Ziliwu, Pemko Sibolga melihat potensi Sibolga yang semua sumber penghasilannya dari laut. Maka usaha laut menjadi bahan baku yang dikemas berupa bahan jadi yang bernilai ekonomi tinggi melalui peningkatan ekonomi usaha mikro lewat pelatihan dan pendidikan.

“Pelatihan kepada kelompok UKM sudah berlangsung sehingga terciptalah produk makanan yang berbahan dasar ikan termasuk sambal ikan andaliman, ikan sambal mama cantik, terasi bubuk dan ikan teri putih. Semua produk ini sudah siap edar untuk dipasarkan ke super market-super market dan juga ke Mancanegara. Dan dalam waktu dekat ini kita akan launching seiring dengan kehadiran pengusaha Trans Mart yang akan datang ke Sibolga. Nantinya produk-produk asal Sibolga ini akan tersedia disemua Trans Mart yang ada di Indonesia ini,” beber Junifari.

Diungkapkannya, dengan adanya produk makanan asal Sibolga telah membuka lapangan kerja bagi masyarakat Sibolga. Apalagi saat ini banyak masyarakat Sibolga yang tidak melaut lagi terkait larangan pukat trwal beropasi.

“Saat ini ada sekitar 70 KK yang bekerja untuk mengopek ikan teri dengan upah Rp22ribu per kilo gramnya. Dengan demikian lapangan pekerjaan sudah tercipta bagi masyarakat Sibolga. Dan kita juga sedang merencanakan bagaimana ikan besar bisa menjadi ikan yang siap saji dan mampu bersaing dengan daerah lain,”sebut Ziliwu, Rabu.

Selain produk di atas UKM Sibolga juga memproduksi kerupuk pedas Sibolga yang sudah cukup dikenal, kerupuk ubi ungu dan juga kerjadinan tangan.

Semua produk UKM ini turut dipamerkan di stand Dinas Koperasi UKM dan Ketenagakerjaan Kota Sibolga dalam rangka pameran pembangunan Kota Sibolga dalam rangka hari jadi kota Sibolga ke 318 tahun di lapangan Simaremare. (RED)