Pinangsori Disterilkan dari Ternak

oleh
Sterilisasi pertumbuhan ternak di Kecamatan Pinangsori. (batakpost.com/IST)

Tapteng, 23/2 (Batakpost.com)-Kawasan Kecamatan Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah disterilkan dari kawasan ternak oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tapanuli Tengah. Hal itu dilakukan karena Pinangsori adalah kawasan bandara.

Kadis Pertanian dan Peternakan, Drh Iskandar menegaskan tidak akan melakukan pengembangan ternak besar seperti sapi, kerbau, kambing, maupun babi di Kecamatan Pinangsori.

“Kita tidak lakukan pengembangan ternak di kawasan Bandara Dr.FL Tobing Pinangsori, karena bisa mengganggu penerbangan. Kita tidak mau mengambil resiko karena bisa saja tiba-tiba ternak menerobos ke ke runway Bandara. Jadi sudah kita tegaskan ternak tidak boleh ada di sekitar bandara,”terang Iskandar kemarin.

Selain karena kawasan Bandara, lanjut Iskandar, Kecamatan Pinangsori juga merupakan wajah Kabupaten Tapteng. Sehingga sebagai salah satu pintu masuk Tapteng melalui jalur penerbangan, Pinangsori harus ditata dengan baik.

Sebagai solusinya kata Iskandar, pengembangan ternak akan dialihkan ke daerah Suka Laju Kecamatan Sibabangun, karena di sana juga pengelolaan pupuk organik dari kotoran ternak.

Tambahnya, selain Kecamatan Pinangsori, Kecamatan Pandan dan Sarudik juga tidak diizinkan pengembangan ternak, mengingat kawasan itu sudah wilayah perkotaan.

Sementara bagi warga yang miliki ternak, Iskandar menghimbau untuk mengintensifkan dan tidak membiarkan ternaknya berkeliaran karena dapat mengganggu kenyamanan dan ketertiban.

“Kami menghimbau masyarakat Pinangsori terutama disekitar Bandara, untuk tidak melakukan pengembangan ternak. Bagi warga yang sudah punya ternak supaya intensifkan dan harus dikandangkan, dipelihara bagus-bagus untuk menjaga kenyamanan dan keindahan Tapteng, karena Pinangsori pintu masuk Tapteng lewat jalur udara. Mari kita dukung program pariwisata Tapteng,” ajaknya. (RED)