Misteri Es yang Mencair Jadi Warna Merah Darah di Amerika

oleh
batu berdarah di amerika (int)

Browning, 10/2 (Batakpost.com) – Publik di Amerika Serikat dihebohkan oleh foto postingan Taman Nasional Grinnel Glacier yang menunjukkan lelehan es berwarna merah darah. Ternyata ini sebabnya.

Dilihat detikTravel dari laman Facebook Taman Nasional Grinnel Glacier, Sabtu (10/2/2018), tampak jelas sebuah foto genangan berwarna merah darah dengan latar bebatuan dan es di belakangnya. diposting sekitar 2 minggu lalu.

Diketahui, awalnya foto itu dipotret oleh seorang ahli entomologi dari United States Geological Society atau Perhimpunan Geologi Amerika Serikat.

Dalam keterangan fotonya, pihak Taman Nasional Grinnel Glacier memberi penjelasan bahwa fenomena itu disebabkan oleh algae berwarna merah yang bercampur dengan salju.

“Genangan itu terisi oleh air yang meleleh dari salju semangka. Salju semangka terbentuk dari spesies algal (Chlamydomonas nivalis). Genangan itu berwarna merah karena algae di dalam air mengandung pigmen warna merah,” tulis keterangan di foto tersebut.

Dijelaskan juga, kalau fenomena salju semangka itu memiliki bau yang manis seperti semangka. Hanya saja, pihak peneliti melarang siapa pun untuk meminum air tersebut karena memiliki efek laxative.

Bahkan menurut situs The Weather Network, menginjak genangan air itu dapat berakibat pada noda berwarna pink di sepatu yang tidak bisa hilang. (rdy/rdy)