oleh

Pemkab Tapteng Peroleh DAK Rp257M

Tapteng, 5/2 (Batakpost.com)-Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp257 miliar dari pemerintah pusat. Besarnya dana alokasi itu tidak terlepas atas keyakinan Pemerintah Pusat akan keberadaan Pemkab Tapteng dibawah kepemimpinan Bakhtiar Ahmad Sibarani sebagai Bupati dan Darwin Sitompul sebagai Wakilnya.

Walaupun pasangan ini baru memimpin sekitar tujuh bulan sebagai Bupati dan Wakil Tapanuli Tengah, namun gerakan dan upaya yang dilakukan ke pemerintah pusat telah membuahkan hasil. Dana sebesar Rp257 miliar dalam bentuk Dana Alokasi Khusus diperuntukkan bagi Kabupaten Tapanuli Tengah. Jumlah itu naik signifikan dibanding tahun 2017, yang hanya Rp170 miliar.

“Kita bersyukur walaupun kami baru tujuh bulan sebagai Kepala Daerah, namun kita sudah berhasil menyakinkan pemerintah pusat untuk mengucurkan Dana Alokasi Khusus sebesar Rp257 miliar. Dan dari Rp257 miliar, sebanyak Rp147 miliar kita peruntukkan untuk fisik. Jadi teman-teman bica cek di daerah lain berapa DAK mereka,”kata Bupati.

Menurut Bupati, sasaran pembangunan untuk tahun ini diarahkan ke fisik yakni perbaikan jalan atau infra strukrut di Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Dari APBD tahun ini, juga kita anggarkan sebesar Rp100 miliar untuk perbaikan jalan di Tapteng, sehingga masyarakat tidak terbengkalai lagi dibidang transportasi khususnya mengangkut hasil komuditinya. Dan saya hitung-hitung dibutuhkan dana kisaran Rp350-Rp450 miliar untuk perbaikan jalan. Dan tahun ini kita kerjakan bertahap dan akan kita tenderkan secara terbuka melalui ULP,”sebut Bupati.

Diakui mantan Ketua DPRD Tapteng itu, bahwa serapan DAK sangat diharapkan di daerah, karena sesungguhnya dana itulah yang bisa digunakan untuk membangun berbagai sarana di daerah.

“Kita akan selalu berusaha agar DAK dari pusat bisa terus bertambah ke daerah kita ini. Karena kalau kita hanya mengharapkan APBD akan sulit, karena peruntukannya sudah ditentukan. Namun dengan adanya dana DAK, maka kita bisa memprogramkan arah pembangunan, karena tidak semua daerah mampu menyakinkan pemerintah pusat untuk mengucurkan DAK dengan jumlah yang besar. Untuk itu saya mengajak masyarakat, isna pers juga mari kita dukung dan sukseskan pembangunan Tapteng ini. Dukung kami sebagai pemerintah untuk memperbaiki pembangunan di tanah kelahiran kita ini,”ajaknya. (HAT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed