oleh

Wisman Jajal Keindahan Air Terjun Sipiso-piso

Karo, 2/1 (Batakpost.com)- Keindahan Air Terjun Sipiso-piso yang terdapat di Dusun Hutabaringin, Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, semakin diminati Wisman alias Wisatawan Mancanegara. Dihari libur tahun baru seperti sekarang ini, wisatawan dari luar negeri seperti, Malaysia, Thailand, Australia menjajal keindahan alam Kabupaten Karo ini.

Menurut wisatawan yang datang dari Autralia mengungkapkan, bahwa mereka cukup menikmati keindahan Air Terjun Sipiso-piso. Alamya sejuk dan alami,”kata Michael, (35) ketika bincang-bincang dengan batakpost.com di lokasi objek wisata Air Terjun Sipiso-piso, Selasa sore, (2/1).

Semengata itu Daniel Taringan, (42) selaku pedagang di kawasan Sipiso-piso mengatakan, bahwa kehadiran wisatan dari mancanegara sudah semakin sering datang ke Air Terjun Sipiso-piso. Bahkan dihari libur seperti sekarang ini, jumlah Wisman lumayan banyak.

“Biasanya mereka menginap sembari menikmati sejuknya alam tanah Karo ini. Habis dari Sipiso-piso mereka langsung ke kawasan Danatu Toba ke Tao Silalahi,”katanya.

Ayah 4 orang anak ini mengakui, sejak tanggal 23 Desember 2017, lonjakan pengunjung sudah kelihatan. Dan saat libur tahun baru, jumlah pengunjung semakin meningkat sampai dengan hari ini.

“Setiap musim liburan kami mendapat untung yang lumayan, karena tiket masuk ke lokasi ini hanya Rp4000. Pihak Dinas Pariwisata Pemkab Tanah Karo bersikap tegas dengan tiket masuk, tidak bisa ditambahi atau dimanipulasi. Dengan harga yang relatif murah, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alam Sipiso-sipo mulai dari pagi sampai dengan malam hari,”tandasnya.

Data yang diperoleh batakpost.com, Air Terjun Sipisopiso memiliki ketinggian hingga 120 meter dan mengucur deras membentuk garis vertikal sempurna. Sehingga Air Terjun Sipisopiso masuk dalam air terjun tipe Plunge. Air Terjun Sipisopiso berada di bibir kaldera raksasa Danau Toba serta terbentuk pada aliran Sungai Pajanabolon yang merupakan salah satu sungai menyuplai air ke Danau Toba. Air Terjun Sipisopiso berada di ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan air laut. Nama Sipisopiso diambil dari nama sebuah Gunung yang berada tepat di timur laut Air Terjun Sipisopiso. Gunung yang juga disebut Dolok Sipisopiso ini memiliki ketinggian sekitar 1.860 meter di atas permukaan air laut. (RED)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed