oleh

Tasik, Pangandaran dan Ciamis Daerah yang Paling Rusak Akibat Gempa

-Nasional-1.494 views

Jakarta, 16/12 (Batakpost.com) – BNPN menyebut 3 wilayah di Jawa Barat yakni Tasikmalaya, Pangandaran dan Ciamis sebagai daerah yang paling mengalami kerusakan akibat gempa 6,9 SR. Selain itu wilayah lain juga seperti Garut dan Cilacap juga megalami kerusakan.

“Daerah yang terdampak gempa yang merusak terdapat di Kabupaten Pangandaran, Tasikmalaya, Ciamis, Kota Banjar, Garut, Cilacap, Kebumen, Kota Pekalongan, Banyumas, Brebes dan Banjarnegara,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Sabtu (16/12/2017).

Dia mengatakan pusat gempa berada di 6 km Tasikmalaya. Titik gempa itu membuat Tasikmalaya, Pangandaran dan Ciamis menglami guncangan terparah.

“Mengingat pusat gempa berada di 6 km arah tenggara Kota Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya, maka daerah yang terdampak guncangan keras dan merusak adalah di Kabupaten Tasikmalaya, Pangandaran dan Ciamis di Provinsi Jawa Barat,” lanjut Sutopo.

Dia menyebut 2 orang meninggal dunia, 7 orang luka akibat gempa. Puluhan rumah juga mengalami kerusakan akibat kejadian tersebut.

“Dampak gempa di wilayah Jawa Barat adalah 1 orang meninggal dunia, 6 orang luka-luka, 17 rumah rusak berat, 59 rumah rusak sedang, dan 10 rumah rusak ringan. Sedangkan di Jawa Tengah, 1 orang meninggal dunia, 1 orang luka berat, 26 rumah rusak berat dan roboh, dan 6 rumah rusak sedang,” pungkasnya.

Gempa 6,9 SR yang terpusat di Tasikmalaya terjadi pada Jumat malam pukul 23.47 WIB. Getaran gempa dirasakan hingga ke wilayah Jawa Timur.

BMKG juga sempat mengeluarkan peringatan dini Tsunami. Namun 2 jam setelah gempa peringatan itu resmi diakhiri. (dtc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed