Tapteng Akan Contoh Sitim Penanggulangan Bencana Jepang

oleh
Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani bersama dengan Gubernur Sumut saat berada di Jepang.(batakpost.com/IST)

Tapteng, 5/12 (Batakpost.com)-Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah akan mencontoh bagaimana sistim penanggulangan bencana di Negeri Jepang. Dimana sistim penanganan bencana di negeri Sakura itu itu cukup terukur.

Hal itu dikatakan Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani sewaktu dikonfirmasi wartawan pasca kepulangannya dari Jepang, kemarin.

“Saya bersama dengan pak Gubernur Sumatera Utara dan beberapa kepala daerah berangkat study banding ke Jepang, guna melihat bagaimana sistim penanggulangan bencana di sana. Penanggulangan mereka cukup bagus dan terukur, sehingga masyarakatnya terselamatkan dari bencana. Kabupaten Tapanuli Tengah akan mencontoh sistim penanggulan yang dilakukan Jepang, karena tidak salah mencontoh yang baik,”ujarnya.

Selain sistim penanggulangan yang baik kata Bupati, displin masyarakatnya Jepang sangat luar biasa. Sehingga mereka bisa terhindar dari setiap ada kejadian bencana.

“Displin dan sistim mereka menanggulangi bencana akan kita coba di Tapteng ini, dengan menghimbau masyarakat agar menghindari lokasi-lokasi yang rawan bencana. Sedangkan untuk sistim dan teknologinya kita mengharapkan bantuan dana dari pemerintah pusat. Karena anggaran untuk daerah sudah ditentukan dan untuk dapat mencontoh sistim yang dilakukan negara Jepang, butuh dana dari pemerintah pusat. Jadi anggaran dan bantuan dari pusat sangat kita harapkan,”sebut Bhaktiar. (RED)