oleh

Walikota Sibolga: Tahun Depan Semua Gereja Wajib Mengikuti Pesparawi

-Sibolga-2.344 views

Sibolga, 25/11 (Batakpost.com)-Walikota Sibolga Drs Syarfi Hutauruk mengajak umat Kristiani yang ada di Kota Sibolga agar turut mensukseskan dan ambil bagian dalam pelaksanaan Pesparawi Kota Sibolga. Hal itu dikatakan Syarfi saat menyampaikan sambutannya dalam acara pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Kota Sibolga tahun 2017 di Gedung Nasional Sibolga, Jumat sore, (24/11).

Walikota juga mengakui masih banyak gereja yang tidak ikut dalam Pesparawi tahun ini. Untuk itu ia berharap serta mengajak agar tahun depan semua gereja ikut berpartisipasi.

“Gereja harus bergembira karena pemerintah telah memfasilitasi dan menyelenggarakan kegiatan ini. Pesparawi ini adalah kegiatan untuk memuji Tuhan melalui lagu dan pujian. Sudah seharusnya gereja-gereja yang ada di Sibolga ini ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Dan melalui Pesparawi ini umat Kristiani dihimpun bersatu untuk sama-sama memuji Tuhan dan bersyukur. Saya melihat tidak ada disini dari perwakilan gereja-gereja yang besar itu, dimana mereka?”Tanya Syarfi.

Suami dari Delemeria Sikumbang ini juga mengungkapkan, bahwa pelaksanaan Pesparawi Kota Sibolga sebagai cerminan kerukunan hidup antar umat beragama. Sebagaimana motto dari Kota Sibolga, ‘Negeri Berbilang Kaum Perekat Antar Umat Beragama’.

“Awalnya pelaksanaan Pesparawi ini cukup sederhana, dan dimasa kepemimpinan kami bersama dengan pak Edy Polo Sitanggang, saya meminta kepada panitia agar dilaksanakan Pesparawi tingkat Kecamatan baru dilanjutkan ke tingkat Kota, layaknya seperti MTQ. Waktu itu panitia mengatakan bahwa anggaran tidak ada, dan saya tegaskan, agar anggarannya ditampung di APBD. Itulah sebagai contoh kerukunan hidup antar beragama di Kota Sibolga ini. Untuk itu marilah digunakan dan manfaatkan kesempatan yang diselenggarakan oleh Pemko Sibolga ini, dan saya mengajak seluruh umat Kristiani agar bersama-sama memeriahkan dan menyambut kegiatan keagamaan ini,”kata Syarfi.

Walikota juga menambahkan, bahwa Pemko Sibolga juga memberikan bantuan kepada gereja-gereja, kepada guru sekolah minggu, petugas pemukul lonceng gereja dan juga para sintua. Demikian juga kepada para guru mengaji, Pemko memberikan bantuan.

“Ini semua kita lakukan sebagai cerminan bahwa kerukunan antar umat beragama di Kota Sibolga ini cukup terjalin. Untuk itu saya mengucapkan selamat mengikuti Pesparawi dan selamat bertanding dan kiranya terlilih para pemenang yang terbaik agar nanti bisa bertanding ditingkat Provinsi demi mengharumkan nama Kota Sibolga,”harap Syarfi.

Sebelumnya dalam laporannya Ketua Panitia yang sekaligus sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Kota Sibolga, Marojahan Panjaitan mengatakan, bahwa kegiatan Pesparawi Kota Sibolga sudah diawali dengan kegiatan Pesparawi di tingkat Kecamatan. Dan sebagai acara puncaknya nanti akan dilaksanakan pada hari Minggu, (26/11) sekaligus acara penutupan dan pemberian hadiah kepada para pemenang. Dan untuk tahun ini, kontigent Pesparawi Kota Sibolga akan mengikuti Pesparawi tingkat Provinsi Sumatera Utara yang akan dilaksanakan di Medan.

Pada acara pembukaan ini sebanyak 140 tim paduan suara anak-anak yang merupakan asuhan dari Pemko Sibolga mempersembahkan lagu pujian dihadapan Walikota Sibolga beserta para undangan.

Acara pembukaan Pesparawi ini diawali dengan ibadah singkat dan dilanjutkan dengan acara nasional dan acara umum.

Turut hadir mendampingi Walikota Sibolga, Wakil Walikota Sibolga, Kapolresta, mewakili Danrem, Muspida, Rohaniawan, dan Wakil Ketua TP PKK Sibolga Ny Edy Polo Sitanggang.(HAT)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed