oleh

Karnaval Pesta Horas Tapteng Dilepas Gubsu

Pinangsori, 10/11 (Batakpost.com)-Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi melepas barisan karnaval budaya yang bertajuk ‘Pesta Horas Tapteng’ yang dipusatkan di Kecamatan Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, tepatnya di kawasan Asrama Haji Pinangsori, Jumat sore.

Gubernur bersama dengan bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani melepas barisan prosesi dari depan SMP Pinangsori. Tampak barisan dari 20 kecamatan menyampaikan yel-yel Horas Tapteng dan Sumut Paten sembari mengancungkan jempol yang disambut dengan tepuk tangan dari Gubernur yang mengenakan pakaian putih hitam.

Setelah melepas barisan prosesi, kembali Gubsu didaulat untuk menyambut barisan karnaval budaya. Dalam barisan karnval ini beragam pakaian budaya dan pakain adat yang sudah dimodivikasi disambut Gubsu bersama dengan Bupati dan juga Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk beserta isteri Delmeria Sikumbang dan unsur Muspida kedua daerah.

Kegiatan Pesta Horas Tapteng ini adalah yang kedua kalinya digelar di Kabupaten Tapanuli Tengah. Tahun lalu dipusatkan di Pantai Bosur Pandan. Seperti biasanya kegiatan ini diisi dengan berbagai atraksi budaya, tarian, dan juga pesta rakyat yang menghadirkan artis-artis ibukota.

Bupati Tapeng Bakhtiar Sibarani menyebutkan, tujuan dari kegiatan Pesta Horas Tapteng sebagai bentuk promisi budaya dan pariwisata yang ada di Tapanuli Tengah. Ia mengatakan, setiap tahun akan digelar kegiatan serupa secara bergantian lokasinya.

“Kegiatan ini cukup mengundang banyak perhatian dan menjadi kegiatan tahunan. Selain itu juga ada kegiatan budaya Oi..Dusanak, dan juga pesta akhir tahun. Itu semua untuk memperkenalkan budaya dan objek wisata yang ada di Tapteng kepada masyarakat luas dan juga wisatawan lokal dan juga manca negara,”katanya.

Prosesi pelepasan barisan dan karnaval budaya ini cukup menyita hati masyarakat. Arus lalulintas dari Pinangsori menuju Pandan dan Sidimpuan mace total. Sedangkan di lokasi pusat kegiatan di Asrama Haji ribuan masyarakat sudah memadati lokasi. (RED)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed