oleh

Tahun Depan Gaji Kades di Tapteng Naik 100 Persen Lebih

Tapteng, 6/11 (Batakpost.com)-Ada kabar baik bagi para kelapa desa yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Pasalnya, mulai tahun depan para kades akan digaji minimal Rp2,5juta perbulan dari gaji yang selama ini hanya sekitar Rp1,2juta perbulannya.

Demikian ditegaskan oleh Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani ketika berbicang-bincang dengan awak media di ruang kerjanya, Senin sore, (6/11).

Dikatakan Bupati, dengan gaji selama ini sekitar Rp1,2juta per bulan sangat sulit untuk menghidupi kepala desa bahkan biaya operasionalnya. Karena beberapa kali saja rapat di Kabupaten sudah habis gaji tersebut karena jaraknya yang jauh. Hal itulah yang mendasari Bupati menaikkan gaji para kapala desa tahun depan.

“Tahun depan saya pastikan gaji kades di Tapteng Rp2,5juta perbulan itu minimal dan bisa lebih. Itu nanti tergantung kondisi keuangan kita. Tetapi yang Rp2,5juta itu sudah saya pastikan, karena sudah saya yang ikut membahas anggaran untuk tahun depan, berbeda untuk anggaran tahun ini, masih pejabat bupati yang lama,”ujar Bupati.

Ditanya masalah kantor kepala desa yang belum semuanya memiliki kantor di Tapteng? Menurut Bupati, Pemkab Tapteng akan membangun kantor kepala desa, dengan catatan jika tanahnya dihibahkan. Karena tidak mungkin didalam setiap membangun harus ganti rugi.

“Kalau hanya untuk membangun kantor kepala desa saja harus ganti rugi, maka bisa habis anggaran hanya untuk biaya ganti rugi. Untuk itulah kami juga meminta kepada para kepala desa agar bisa menjalin komunikasi dengan baik kepada masyarakat khususnya yang memiliki lahan, sehingga bisa lahan itu dihibahkan dan kita siap untuk membangun,”jawab Bakhtiar. (RED)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed