Luhut Panjaitan Sambut Penumpang Rute Singapura-Silangit

oleh
Luhut Panjaitan saat menyambut penumpang perdana Singapura-Silangit (batakpost.com/INT)

Taput, 28/10 (Batakpost.com)-Penerbangan internasional perdana di Bandara Silangit akhirnya mendarat dengan sempurna pada jam 13.45 WIB dari Singapura menggunakan maskapai Garuda Indonesia pesawat jenis Bombardier CRJ1000 berkapasitas 96 penumpang. Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Panjaitan menyambut langsung kedatangan para penumpang dari Singapura itu bersama dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Pantauan detikFinance di lokasi, Sabtu (28/10/2017), dengan kondisi cuaca yang tengah hujan, para penumpang turun dari pesawat disambut karpet merah. Hujan yang cukup deras tak menghalangi kemeriahan penyambutan penerbangan internasional perdana Bandara Silangit lantaran diiringi musik gondang khas batak dan tarian tortor dari para penari wanita.

Di saat pesawat mendarat, Luhut sempat melontarkan candaan dalam bahasa batak yang didengarnya dari para undangan yang hadir.

“Nunga ro par-Singapura (sudah datang orang Singapura),” kata Luhut sambil tertawa.

Para penumpang kemudian disambut Luhut dan Menpar dengan mengalungkan ulos di punggung. Acara seremoni kemudian dilanjutkan di ruang keberangkatan internasional Bandara Silangit.

Direktur Teknik dan Operasi PT Angkasa Pura II (AP II) Djoko Murjatmodjo mengatakan, saat ini pembangunam terminal internasional Bandara Silangit sudah mencapai angka 99%. Sejumlah fasilitas untuk melayani penerbangan internasional sendiri sudah tersedia dan siap mendukung konektivitas dan pariwisata di Danau Toba.

“Kami dr AP II dengan sepenuh hati mencoba memfasilitasi segala keperluan Bandara Silangit sebagai Bandara Internasional. Semakin mudah akses menuju lokasi wisata Danau Toba, makin besar pula potensi pengunjung yang bakal menyambangi lokasi wisata tersebut,” ucapnya dalam sambutan.

Adapun pengembangan Bandara Silangit yang telah dilakukan AP II sejak tahun lalu adalah pembangunan terminal baru seluas 2.436 m2 dan siap dioperasikan dengan fasilitas di antaranya 4 check in counter untuk keberangkatan internasional, 5 check in counter untuk domestik, 2 conveyor belt di baggage claim area, boarding lounge yang nyaman, area komersial, serta lahan parkir luas untuk kendaraan bermotor. (dtc/int)