Kades Rawa Makmur Dipolisikan Terkait Dana Desa

oleh
Kadis PMD-P Tapteng Anita Situmorang (batakpost.com/HAT)

Tapteng, 26/10 (Batakpost.com)-Kepala Desa Rawa Makmur Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara dipolisikan terkait dana desa yang bermasalah. Akibatnya, jabatan oknum Kepala Desa Rawa Makmur di Plt-kan. Demikian pengakuan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Perempuan (PMD-P) Kabupaten Tapanuli Tengah, Dra. Anita Situmorang.

“Benar, kasus oknum Kepala Desa Rawa Makmur sudah diserahkan kepada Polres Tapteng terkait laporan dan penggunaan dana desa yang bermasalah tahun 2016. Karena tidak dapat dipertanggungjawabkan dana desa itu, terpaksa berurusan dengan hukum. Jadi kasus itu sudah ditangani Polres Tapteng,”terang Anita, kepada media ini, Kamis, (26/10).

Sementara itu Kapolres Tapteng AKBP. Hari Setyo Budi melalui Kasat Reskrimnya, AKP. Zulfikar membenarkan hal itu. Diakuinya saat ini oknum Kepala Desa Rawa Makmur sedang berupaya untuk mengembalikan kerugian dana desa tersebut.

“Nanti kita lihat perkembangannya, karena ada upaya dari oknum Kades untuk mengembalikan kerugian dana desa tersebut sebagaimana diatur dalam aturan dana desa.  Yang jelas pihak ispektorat Kabupaten Tapanuli Tengah telah menyatakan ada kerugian terkait dana desa di Desa Rawa Makmur. Kita tunggu saja, apakah nanti jadi dikembalikan kerugian dana desa itu atau tidak,”terangnya.

Sebelumnya juga Kadis PMD-P Tapteng sudah memberikan penyuluhan terkait penggunaan dana desa. Ia mengajak seluruh para kepala desa agar benar-benar menggunakan dana itu untuk kebutuhan desa, bukan untuk dikorupsikan, karena setiap kesalahan terkait dengan dana desa, pasti akan berurusan dengan hukum. (RED)