oleh

Lembaga Sosial dan Peduli Kasih ASN Tapteng Dikukuhkan

Pandan, 23/10 (Batakpost.com)-Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, SE, kukuhkan Lembaga Sosial dan Peduli Kasih ASN Tapteng yang diadakan di Gedung Serbaguna Pandan, Senin (23/10).

Wakil Bupati dalam sambutannya mengatakan, Lembaga Sosial dan Peduli Kasih merupakan Wadah seluruh Aparatur Sipil Negera (ASN) se-Tapteng mulai dari Pemerintah Kabupaten,  Kecamatan, Kelurahan dan Desa untuk berbagi dengan masyarakat Kristen yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Sasaran dari Lembaga ini untuk memberikan bantuan bagi umat Kristiani yang kurang mampu yang diserahkan saat perayaan Natal sehingga bermanfaat bagi saudara kita yang benar-benar membutuhkan bantuan dan dapat merasakan indahnya Natal,”kata Darwin.

Diterangkan Wakil Bupati, adapaun mekanisme kerja dari lembaga sosial yang baru dibentuk itu untuk menyalurkan bantuan yang akan dikumpulkan dari masing-masing ASN yang beragama Kristen di Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Adapun besaran dana yang dikumpul dari masing-masing ASN Pemkab Tapteng itu sesuai dengan pangkat dan golongan masing-masing ASN. Diperkirakan mulari dari Rp10ribu, 20 ribu, 50 ribu sampai dengan Rp100ribu rupiah per orang. Dana yang terkumpul itu nantinya akan dibagikan kepada masyarakat atau gereja yang membutuhkan bantuan,”sebut Darwin.

Sementara itu Ketua Lembaga Sosial Tali Kasih ASN Pemkab Tapteng yang baru dikukuhkan, Erwin Marpaung kepada wartawan mengatakan, bahwa besaran dana dari ASN yang akan dipotong masih dalam kajian. Yang disebutkan pak Wakil tadi sebagai gambaran saja. Yang jelas dari semua kalangan ASN Pemkab Tapteng yang beragama Kristen akan dipotong langsung gajinya melalui bendahara unit kerja masing-masing.

“Nanti bendaraha dari unit masing-masing kerja menyetorkan gaji yang dipotong itu dan disetorkan langsung ke rekening bank Lembaga Sosial Tali Kasih ASN Pemkab Tapteng,”terangnya.

Ditanya apa yang menjadi landasan dibentuknya Lembaga Sosial itu? Menurut Plt Kadis Perizinan Tapteng itu adalah Peraturan Bupati Tapanuli Tengah nomor 07 tahun 2017. Sedangkan jumlah ASN yang beragama Kristen dan Katolik di Pemkab Tapteng kisaran 3.000 orang, dan diperkirakan besaran dana sosial yang terkumpul nantinya mencapai miliran rupiah setiap tahunnya.

“Ini baru pertama kali dibentuk Lembaga Sosial ASN yang beragama Kristen dan Katolik di Kabupaten Tapanuli Tengah ini, dan mungkin di Sumatera Utara. Dan bulan Oktober 2017 ini sudah dilakukan pemotongan gaji sembari menyusun program dan AD/RT organisasi ini,”terangnya.

Adapun tema pengukuhan Lembaga Sosial dan Peduli Kasih ASN Tapteng ini adalah ‘Bersedia Diproses Tuhan. (Wahyu 3:19)’, dengan Subtema, Keberhasilan Pembangunan Kesejahteraan  Masyarakat Tapteng adalah atas Proses dari Tuhan.

Diyakini pembentukan Lembaga Sosial dan Peduli Kasih ini mampu menghasilkan visi misi Bupati Tapteng yaitu menuju Tapteng Mandiri,  Berkarakter dan Berkeadilan Sejahtera.

Adapun pengurus Lembaga ini terdiri dari Erwin Marpaung sebagai Ketua, Sekretaris Nalom Sihombing dan Hasudungan Sihombing. Bendahara Krisna Banjarnahor. (RED)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed