oleh

Tambang Martabe Terus Berupaya Turunkan Angka Penderita Katarak

Sibolga, 10/10 (Batakpost.com)- Tambang Emas Martabe terus berupaya ikut berpartisipasi menurunkan angka penderita katarak di Sumatera Utara. Salah satunya dengan menggelar kembali Pekan Informasi Katarak yakni sosialiasi cara mendeteksi dini katarak mulai tanggal 9-11 Oktober 2017.

Senior Manager Corporate Commnucation PT Agincourt Resources, Katarina Siburian Hardono kepada wartawan di Makodim 0211/TT Selasa pagi mengatakan, adapun yang menjadi peserta katarak merupakan pemuka masyarakat desa, tokoh adat, agama, guru, penggerak PKK, tenaga kesehatan, kader penyuluh dan anggota TNI serta aparat pemerintahan setepat. Selama mendapatkan sosialiasi para peserta mendapatkan penjelasan mengenai berbagai penyakit mata, khususnya katarak. Tak hanya itu, pengetahuan lainnya yang diberikan kepada para peserta sosiaiasi adalah melakukan pemeriksaan mata atau visu. Adapun totola peserta yang mengikuti Pekan Informasi Katarak dari berbagai tempat sekitar 800 orang.

“Kami kembali mengadakan Pekan Informasi Katarak, yang nantinya diikuti oleh pemeriksaan mata dan operasi karatak garatis sebagai bentuk kosistensi komitmen kami untuk membantu menigkatakn kualiatas masyarakat Sumut, khususnya yang ada di Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, dan sekitaranya,”kata Katarina.

Lebih lanjut Katarina menuturkan, saat ini katarak masih menjadi penyebab utama kehilangan penghasilan atau kebutuhan, baik di Indoensia maupun di dunia. Di Sumut, diprediksi ada sekitar 170.000 hingga 200.000 orang penderita katarak. Setiap tahunnya ada sekiatar 17.000 orang penderita katarak baru.

“Satu-satunya pengobatan katarak adalah melalui operasi yakni mengeluarkan lesna mata yang keruh diganti dengan lensa yang baru. Operasi ini gratis yang digelar oleh Tambang Emas Martabe menggunakan metode cepat dan aman milik dr. Sanduk Ruit dari Tilganga Institute of Ophthalmology di Nepal,”jelasnya.

Ditambahkannya, setelah pelaksanaan Pekan Informasi Katarak, rangkaian pemeriksaan mata akan dilakukan pada tanggal 22 Oktober 2017 di Makodim 0212/TS di Padangsidimpuan dan Koramil 13 Panyabungan. Pada tanggal 23 Oktober 2017 di Makodim 0210/TU di Tarutung, dan pada tanggal 24 Oktober 2017 di Makodim 0211/TU di Sibolga. Dan tanggal 23-26 Oktober di RS TNI AD Losung Batu Padangsidempuan. Sementara itu operasi katarak gtaris akan dilaksanakan pada tanggal 23-27 Oktober 2017 di RS TNI AD Losung Batu, Padansidempuan.

“Bagi masyarakt yang ingin mendaftar bisa mendatangi Koramil terdekat atau menghubungi nomor 081375739040,”imbuhnya. (HAT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed