Habibie Masih Cari Dana Buat Bangun Pesawat R80

oleh
Keterangan foto: Pesawat R80 yang sudah masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) (dtc)

Jakarta, 25/9 (Batakpost.com)-PT Regio Aviasi Industri (RAI) tengah mencari pendanaan untuk membuat pesawat R80 yang sudah masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Pembuatan prototype R80 diperkirakan mencapai Rp 200 miliar, sedangkan untuk keseluruhan biaya pengembangan usaha mencapai US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 20 triliun.

Salah satu cara yang dilakukan RAI untuk mencari pendanaan dengan melakukan kampanye di website kitabisa.com. Melalui website https://kitabisa.com/pesawatr80, RAI melakukan penggalangan dana (crowdfunding/patungan publik) mulai dari Rp 100.000, imbalannya foto donatur akan ditampilkan di badan Pesawat R80.

Sedangkan untuk donasi Rp 200.000, foto donatur akan ditampilkan di badan pesawat dan mendapatkan satu buah kaos ekslusif R80.

Bagi mereka yang ingin berkontribusi sebesar Rp 300.000, maka foto donatur akan ditampilkan di badan pesawat dan mendapatkan hoodie ekslusif R80.

Lalu dukungan Rp 700.000 dengan imbalan foto donatur akan ditampilkan di badan pesawat dan jaket bomber ekslusif R80.

“Crowdfunding untuk mengajak anak bangsa ikut memiliki pesawat R80,” kata Corporate Secretary RAI, Rahayu S. Arifin, saat dikonfirmasi detikFinance, Jakarta, Senin (25/9/2017).

Ia menambahkan, perusahaan milik mantan Presiden RI BJ Habibie itu tidak menargetkan besaran penggalangan dana lewat website. Melainkan, kontribusi anak bangsa terhadap pembuatan pesawat R80.

“Untuk crowdfunding ini targetnya bukan besaran dana,” ujar Rahayu.

Selain melakukan penggalangan dana lewat website, RAI juga gencar mempromosikan pembuatan pesawat R80 kepada investor strategis. Sehingga pembuatan pesawat R80 bisa dilakukan lebih cepat.

“Paralel kita terus cari, sedang dalam penjajakan semuanya,” tutur Rahayu. (dtc)