oleh

Ini sosok Kombes Jhonny Edison, ajudan Jokowi dari Tanah Papua

-Nasional-2.591 views
Keterangan foto: Ajudan Presiden Joko Widodo Kombes Pol Jhonny Edison Isir (INT)

Jakarta, 19/8 (Batakpost.com)-Sosok Kombes Pol Jhonny Edison Isir membuat sejarah di tubuh Polri. Untuk pertama kalinya, putra Papua dipercaya menjadi ajudan presiden.

Pria kelahiran Jayapura 7 Juni 1975 ini sebelumnya sudah beberapa kali mencatat sejarah. Dia juga putra Papua pertama yang masuk akademi kepolisian. Tak main-main, Jhonny Edison menyabet penghargaan Adhi Makayasa sebagai lulusan terbaik tahun 1996. Presiden Soeharto langsung yang memberikan penghargaan ini saat pelantikan di Magelang.

Sejak kecil dia ditempa dengan kehidupan yang keras. Gaji ayahnya sebagai anggota polisi sering tak cukup. Maka Jhonny ikut berjualan nasi kuning untuk membantu perekonomian keluarga ketika duduk di bangku SMP Negeri 6 Jayapura.

Ditangisi anggota ketika pindah

Semasa menjadi Kapolres Jayawijaya (2013-2014), Jhonny Edison Isir yang pernah meraih Satya Lencana Seroja (1999), Satya Lencana 8 Tahun, Satya Lencana Dharma Nusa dan Satya Lencana 16 Tahun membuat berbagai gebrakan bagi anggota Polri di lingkungannya itu. Saat itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian masih menjabat sebagai Kapolda Papua.

Ketika akan berpisah dan dipromosi untuk menjadi Kapolres Manokwari (2014-2016), ratusan anggotanya di Mapolres Jayawijaya mengucurkan air mata dan mengantarkannya hingga naik pesawat terbang di Bandara Udara Wamena.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed