oleh

2 Orang Batak Dikukuhkan Jokowi Sebagai Anggota Paskibraka

-Nasional-4.940 views
Keterangan foto: Pengkuhuhan Pasukan Paskibraka oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara. (INT)

Jakarta, 16/8 (Batakpost.com)-Presiden Joko Widodo resmi mengukuhkan 68 pelajar SMA menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Istana Negara, Selasa (15/8/2017). Dari 68 orang pelajar yang dikukuhkan, dua diantaranya boru Batak, yaitu Faldy Ichsan Siregar dan Ruth Cheline Eglesya Purba dari Sumatera Utara

Anggota Paskibraka yang dikukuhkan tersebut merupakan perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia yang akan bertugas mengibarkan bendera merah putih pada peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2017 mendatang, di Istana Merdeka.

Presiden Joko Widodo membacakan pernyataan pengukuhan ke 68 pelajar tersebut sebagai anggota Paskibraka dan mendoakan agar mereka dapat mengemban tugasnya dengan baik saat pelaksanaan nanti.

“Dengan memohon rida Tuhan yang Maha Kuasa, pada hari ini saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai pasukan pengibar bendera pusaka yang bertugas di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2017,” ucap Presiden Jokowi.

Sebagai tanda pengukuhan secara simbolis, Presiden menyematkan lencana dan memasang kendit kepada pemimpin upacara, Audrey Nathania Sumali dari Provinsi Banten.

“Sebagai tanda dikukuhkannya Paskibraka di seluruh Indonesia. Semoga bisa melaksanakan tugas ini dengan baik,” lanjut Presiden.

Dari 68 Paskibraka yang dikukuhkan Presiden Jokowi, salah satunya adalah Ruth Cheline Eglesya Purba yang mewakili Provinsi Sumatera Utara.

Dia termasuk dalam kelompok delapan yang bertugas sebagai pembawa, pengibar, penurun, dan pengawal bendera nantinya.

Pelajar asal SMA Negeri 2 Kota Binjai ini adalah putri dari Aiptu Polisi Nelson Purba.

Sejak dari kecil, ternyata dia bercita-cita menjadi Taruni Akademi Kepolisian (Akpol).

Cita-citanya tersebut dia ungkapkan saat bertemu Kapolres Binjai AKBP M Rendra Salipu dan Dandim 0203/Langkat Letkol Dedi Rahmanto.

“Anak saya ingin jadi Taruni Akpol. Saya setuju saja. Saya pasti support demi cita-citanya,” kata ayah Ruth, Aiptu Nelson Purba kepada Tribun-Medan.com, Jumat (28/7/2017) lalu.

Menurutnya, Ruth sedari kecil sudah menyukai hobi baris-berbaris. Selain itu, dia juga pintar dan rajin belajar.

Selain hobi baris-berbaris, Ruth juga ternyata menyukai dunia olah raga.

Dia juga ternyata lolos seleksi menjadi tim bola basket untuk mewakili Sumatera Utara. Namun, lebih memilih Paskibraka karena waktunya bersamaan.

“Pelatih basketnya sempat juga sih kecewa karena Ruth lebih memilih Paskibraka,” kata Nelson Purba.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed