oleh

Murtainah Silitonga 80 Tahun Calon Haji Tertua Dari Tapteng

Keterangan foto: Bupati Bakhtiar saat menyuapi calon jamaah haji dalam acara upa-upa dan tepung tawar haji (batakpost.com/HAT)

Pandan, 7/8 (Batakpost.com)-Sebanyak 53 calon haji dari Kabupaten Tapanuli Tengah ditepung tawari oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, Senin, (7/8) di Gedung Serbaguna Pandan. Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani hadir langsung bersama dengan Wakilnya Darwin Sitompul dan Walikota Sibolga, Syarfi Hutauruk dalam acara tepung tawar tersebut. Dan seperti biasanya, setiap acara tepung tawar haji, ayat-ayat suci selalu dikumandangkan.

Selain menepung tawari para calon jamaah haji, Bupati dan Wakil juga memberikan ‘boras sipirnitondi’ (tradisi budaya), agar para calon jamaah haji dalam keadaan sehat berangkat dan juga pulang dari tanah suci. Tidak dapat dihindari tetesan air mata turut menghiasi acara upa-upa dan tepung tawar tersebut.

Menurut Ngadiman KS sebagai Kasi Pemberangkatan Haji di Kemenag Tapteng mengatakan, bahwa budaya upa-upa dan tepung tawar merupakan tradisi dari turun temurun yang selalu dilakukan setiap acara pemberangkatan calon jamaah haji. Tujuannya adalah, untuk meminta doa agar keberangkatan dan juga perjalanan ke tanah suci berjalan dengan baik dan lancar.

“Jumlah jemaah haji tahun ini yang berangkat sebanyak 53 orang, yang Insya Allah masuk dalam Kloter 21 Medan yang jadwal pemberangkatannya tanggal 17 Agustus 2017 dari Pinangsori Tapanuli Tengah menuju Medan. Dan tanggal 18 Agustus sudah masuk Asrama Haji, dan tanggal 19 Agustus berangkat ke Jeddah,”kata Ngadiman.

Dari jumlah 53 orang itu tambah  Ngadiman, sebanyak 20 orang calon haji laki-laki dan 33 perempuan. Dan Jamaah tertua bernama Nasar Ibrahim bin Kali Ibrahim usia 78 tahun, yang perempuannya Murtainah Br Silitonga usia 80 tahun. Yang termuda laki-laki atas nama Muhammad Zein usia 40 tahun, dan perempuan Hawaisah usia 35 tahun,katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed