oleh

Sumut Daily Latih Masyarakat Jadi Pengusaha Pemula

Keterangan foto: Bupati Tapteng Bakhtiar Sibarani pada acara pembukaan Work Shop Pengusaha Pemula di Tapteng yang diselenggarakan Sumut Daily bekerjasama dengan PT. Bank Sumut. (batakpost.com/HAT)

Pandan, 3/8 (Batakpost.com) – Sumut Daily bekerjasama dengan PT. Bank Sumut melatiha masyarakat Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga menjadi pengusaha pemula. Pelatihan itu dikemas dalam Work Shop menjadi Pengusaha Pemula, yang dilangsungkan di ruangan Audiovisual SMAN 1 Matauli Pandan, Kamis siang.

Menurut Pimpinan Perusahaan Sumut Daily, Ilham Bintang, (36), mengatakan, pelatihan tersebut atas kerjasama Sumut Daily dengan PT Bank Sumut. Kegiatan pelatihan  sudah dilansungkan di Labusel, Tapanuli Tengah-Sibolga, dan akan dilaksanakan juga di Serdang Bedage.

“Masyarakat cukup menyambut baik kegiatan ini, karena kita menghadirkan para nara sumber yang berhasil memulai usahanya dari nol. Dengan demikian, minat dari masyarakat untuk berusaha semakin terbuka,”jelasnya.

Diakui alumni angkata ke III SMA Matauli Pandan itu, awalnya mereka (peserta) agak ragu memulai dunia usaha. Setelah mengikuti work shop keberanian mereka semakin terbentuk.

“Kita berharap ada tindaklanjut dari work shop yang sudah kita laksanakan. Karena menurut analisa kami, para pengusaha pemula ini masih butuh dorongan dan semangat. Demikian juga bagi masyarakat Tapteng-Sibolga yang berjumlah sekitar 30-an yang mengikuti work shop hari ini semakin terbukalah wawasan mereka untuk berani memulai usaha bisnisnya,”harapnya.

Acara ini juga turut dihadiri Sekretaris dari PT Bank Sumut, dari HIPMI, Juanda Iqbal dan anggota DPRD Sumut R. Muhri Fauzi Hafiz, sekaligus pembicara.

Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam sambutannya mengatakan, sangat senang dan bangga atas terselenggaranya pelatihan bagi para pengusaha pemula. Ia sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang sifatnya posifit dan meningkatkan penghasilan masyarakat.

“Dari 30-an masyarakat Tapteng yang ikut dalam acara ini, nantinya menjadi pengusaha-pengusaha yang sukses, karena sudah dibekali dengan pelatihan dan kiat-kita menjadi pengusaha yang sukses. Untuk itu kami dari Pemkab Tapeng mengharapkan kegiatan-kegiatan serupa dikembangkan sehingga masyarakat dilatih keberaniannya untuk memulai usaha dari hal yang kecil,”ujarnya.

Ia juga berharap agar PT. Bank Sumut memberikan kemudahan dan kenaikan nilai pinjaman bagi para pengusaha kecil dan pemula.

“Kalaulah bisa PT. Bank Sumut menaikkan jumlah pinjaman dari Rp15juta menjadi Rp30juta agar usaha dari masyarakat cepat bergerak. Namun untuk tahap awal Rp15juta sudah membantu sembari melihat perkembangan usaha masyarakat. Dan kepada masyarakat atau pengusaha pemula yang sudah mendapat pinjaman dari PT. Bank Sumut, agar ingat mengembalikan pinjaman tersebut sehingga lancar kreditnya,”ajak Bakhtiar.

Bupati juga mengungkapkan, kesuksesan usahanya sebelum menjadi Bupati tidak terlepas dari pinjaman dari PT. Bank Sumut. Baginya bantuan kredit dari PT.Bank Sumut sangat membantu usaha bisnisnya. (HAT)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed