oleh

Gunung Sinabung Kembali Erupsi

Keterangan foto: Erupsi Gunung Sinabung, Tanah Karo. (INT)

Tanah Karo, 2/8 (Batakpost.com)-Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut), kembali erupsi, Senin (31/7). Aktivitas gunung  ini kembali meningkat setelah beberapa hari sebelumnya, abu vulkaniknya mengguyur Kota Medan, Binjai, Deli Serdang selain Kota Betastagi di Tanah Karo.

“Menyusul peningkatan aktivitas, wisatawan maupun masyarakat diminta tidak melakukan aktivitas di radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor tenggara-timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor utara-timur Sinabung,” ujar Kepala Pos Pemantauan Gunung Api Sinabung, Armen Putra.

Armen mengatakan, Sinabung melontarkan awan panas sejauh 3 kilometer ke arah Tenggara Timur. Erupsi Sinabung yang pertama menimbulkan gempa selama 286 detik dan kedua 337 detik di sore hari. Aktivitas Sinabung diperkirakan meningkat.

“Kita masih terus melakukan pemantauan aktivitas Gunung Sinabung. Koordinasi juga terus dilakukan dengan pemerintah maupun aparat untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. Kita juga mengharapkan masyarakat agar menjauhi zona berbahaya itu,” katanya.

Sebelumnya, abu vulkanik hasil erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, menyelimuti Kota Medan, Binjai, Kabupaten Deli Serdang selain Berastagi, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (27/7) kemarin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed