oleh

Gempa Bumi Tektonik Kembali Dirasakan di Padangsidempuan

Keterangan foto: Info gempa yang teradi di Padangsidempuan dari website BMKG. (batakpost.com/Int)

Padangsidempuan, 1/8 (Batakpots.com)-Gempa bumi tektonik kembali dirasakan masyarakat yang tinggal di Padangsidempuan, Selasa, (1/8) pukul 11:39:57 WIB. Berasarkan data yang diperoleh dari BMKG, gempa berkekuatan 3.3 SR dengan posisi episenter pada koordinat 1,40 LU dan 99,46 BT, tepatnya di darat pada jarak 21 km arah Timur Laut dari Padangsidempuan, Sumatera Utara, pada kedalaman 23 km.

Guncangan gempa yang dirasakan masyarakat tepatnya di Padangsidempuan dan Aek Godang dengan intensitas gempabumi I SIG-BMKG (II MMI).

Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, gempabumi ini berada pada Zona Sesar Sumatera pada Segmen Angkola, karakteristik sinyal gempabumi ini menunjukkan gempabumi tektonik. Dari kedalaman hiposenternya gempabumi ini merupakan jenis gempabumi tektonik dangkal pada lapisan kerak bumi.

Kepada masyarakat disekitar wilayah Kota Padangsidempuan dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertangjungjawab. Masyarakat juga dihimbau untuk mengikuti arahan Pemerintah daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempabumi susulan dari BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai barat Sumatera Utara dan sekitarnya dihimbau agar tidak terpancing isu mengingat gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami. (REL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed