2 Pemilik Rumah Yang Terbakar di Sibolga Warga Tarutung

oleh

Keterangan foto: Kebakaran yang terjadi di Jalan Kuda Laut Sibolga, Sibolga Baru. (batakpost.com/IST)

Sibolga, 31/7 (Batakpost.com)- Dua rumah yang terbakar di Jalan Kuda Laut, Kelurahan Pancuran Gerobak, Sibolga Baru, Kota Sibolga, Senin pagi, (31/7), sekitar pukul 09.30WIB, pemiliknya marga Lumbantobing dan marga Simanungkali warga Tarutung, Tapanuli Utara. Sedangkan satu lagi milik marga Nasution. Demikian informasi yang berhasil dihimpun media ini dari lokasi kejadian.

“Dua pintu rumah yang terbakar itu milik marga Tobing warga Tarutung. Gelar-gelarnya adalah Silancang Kuning Lumbantobing, isterinya br Aritonang. Rumah itu sudah lama dikontrakkan ke marga Tobing juga namanya Pandapotan Lumbantobing, (Bapak Marlina), isterinya br Simanungkalit. Sedangkan rumah yang sebelahnya dikontrakkan ke marga Zebua dan Mendrofa, pemiliknya marga Simanungkalit orang Tarutung juga dan marga Nasution,” kata M.Samosir yang mengkau masih ada hubungan famili kepada Pandapotan Lumbantobing.

Diterangkannya, sejak rumah itu dikontrak Pandapotan Lumbantobing, ia membuka usaha sembako, dan usahanya cukup maju. “Kalau tidak salah sudah ada sekitar 20 tahun rumah itu dikontraknya,”ujarnya sembari menjelaskan, bahwa saat itu Pandapotan sedang tidak di rumah karena mengurus surat-surat sepeda motornya, sementara isterinya menjaga warung.

Keterangan foto: Warga sedang mengais-gais sisa kebaran. (batakpost.com/GUS)

Menurut keterangan Kasat Reskrim Polres Sibolga, AKP. Sutrino yang dikonfirmasi di lokasi kejadian, mengatakan, dugaan sementara sumber api karena arus pendek.

Diakui warga yang melihat kejadian, sijago merah begitu cepat menjalar, sehingga warga tidak sempat menyelamatkan barang-barang dari dalam rumah. Ditambah lagi pintu masuk rumah sangat kecil.

“Apinya sangat cepat dan panas, sehingga kami tidak berani masuk ke dalam rumah menyelamatkan barang-barang. Ditambah lagi pintu rumah dan dapur sangat sempit, sehingga sulit bergerak,”ujar sejumlah warga.

Amatan di lapangan, sampai berita ini diturunkan, warga tampak sedang mengais-ngais sisa kebakaran untuk menampatkan barang-barang yang tersisa. Sementara garis police line sudah terpasang, dan truk pengangkut sampah sudah disediakan pihak Pemko Sibolga. (GUS)