oleh

SMP Al-Muslimin Pandan Duta Tapanuli Peraih Adiwiyata Mandiri 2017

Keterangan foto: Kepala Sekolah SMP Swasta Al-Muslimin Pandan, Siti Nuraisyah di halaman sekolahnya. (batakpost.com/HAT)

Pandan, 27/7 (Batakpost.com)- SMP Swasta Al-Muslimin Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri 2017 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Keberhasilan sekolah yang dipimpin oleh Siti Nuraisyah ini menjadi satu-satunya sekolah mulai dari tingkat SD-SMA se-Tapanuli meraih prestasi Adiwiyata yang akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo.

Kepada batakpost.com, Kepala Sekolah SMP Al-Muslimin Pandan, Siti Nuraisyah mengatakan, bahwa udangan sudah sampai kepadanya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Badan Penyuluhan dan Pengembagnan SDM. Dimana penyerahan penghargaan akan dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2017 di Jakarta.

“Kita sangat bersyukur atas prestasi ini. Karena sekolah kita satu-satunya mulai dari tingkat SD-SMA se-Tapanuli yang berhasil menjadi penerima penghargaan Adiwiyata Tahun 2017. Untuk tingkat wilayah Provinsi Sumatera Utara saja, hanya 11 sekolah yang berhasil menerima. Itulah yang menjadi kebanggaan tersendiri bagi SMP Al-Muslimin Pandan, umumnya bagi Kabupaten Tapanuli Tengah dan kawasan Tapanuli,”katanya, Kamis siang di sekolahnya.

Dijelaskan Siti, tahun 2015 yang lalu sekolahnya sudah menerima Adiwiyata Nasional. Dengan keberhasilan tersebut, sekolahnya diwajibkan untuk mengimbaskan pemahaman dan program wawasan lingkunga ke sekolah-sekolah yang lain. Sebagai hasil dari pengimbasan itu, tahun 2016, sedikitnya 13 sekolah di Tapteng sudah menerapkan program wawasan lingkungan.

“Untuk mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri ini tidaklah mudah. Karena banyak penilaian dan fakto-faktor pendukung yang wajib dilakukan mulai dari kebijakan pengawasan lingkungan, pelaksanan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partispatif dan  pengelolan sarana pendukung lingkungan. Jadi tim penilai sudah datang bulan Mei lalu ke tempat ini untuk menilai. Dan hasilnya, sekolah kita ini berhasil meraih prestasi satu tingkat lebih tinggi dari Adiwiyata Nasional. Jadi penghargaan Adiwiyata Mandiri yang akan kita terima nanti sudah setara tingkat Asia Tenggara. Untuk itulah, kami mengucapkan terimakasih atas kerjasama dan dukungan dari semua pihak atas keberhasilan ini,”ungkapnya.

Hasil pantauan di lingkungan sekolah SMP Swasta Al-Muslimin Pandan, kawasannya cukup sejuk karena ditumbuni pepohonan yang rindang. Ditambah lagi penataan taman yang cukup indah serta disiplin yang tinggi. (HAT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed